Soto Bening Mbah Ismi

By Unknown - 07:14:00

Hello, Maniak Makan Soto!
Ini buat kalian!

Ada sebuah tempat makan soto khas Solo yang saya doyan banget mampirin di daerah Sawangan, Depok. Tepatnya di Jl. Raya Muchtar no. 61 Sawangan, Depok, dekat dengan Perumahan Telaga Golf Sawangan. Namanya Soto Bening Mbah Ismi.

Mbah Ismi sepertinya aslinya dar Pajang, kota Solo. Disini memang menjual soto khas Solo, yaitu soto bening daging maupun ayam, tapi disini juga jual Soto Betawi khas Jakarta dan sepertinya ada paket pecel ayam komplit, cuma saya belum pernah cobain sih. Saya langganan dari sekitar 4 tahun yang lalu, karena tertarik ada tulisan Soto Bening khas Solo, jadi bikin kekangenan saya akan soto ini terobati. Since then, saya selalu mampir kesini setiap pengen makan soto, sama suami saya :)

Nah, favorit saya kalo kesini adalah pesen Soto Daging porsi medium-campur. Jadi sizing-nya ada small dan medium (daging dan ayam), lalu ada juga soto-nasi pisah. Nah, soto nasi pisah ini favorit suami saya, supaya nendang, gitu katanya hahaha.
Saya senengnya, disini kuahnya disajikan panas, dan saya selalu bawel sih emang kalo soal soto, harus panas mendidih gitu kuahnya, kalo enggak, gak enak ah :p
maniak-makan-soto-bening-mbah-ismi-sawangan-depok-sotodaging-medium-campur
Soto Daging Medium campur - Soto Bening Mbah Ismi
Sotonya disajikan dengan mangkuk kecil tapi kedalaman mangkoknya sih lumayan ya, 1 porsi medium sudah cukup bikin saya kenyang kok, apalagi dengan banyaknya hura2 gembira sate2an yang super enak, kayak sate usus, sate ati - ampela, sate telur puyuh dan gorengan yahuuuddnya juga banyak, favorit semua! Ada sosis solo (ini enak banget guys, berasa di Solo, sumpah), terus ada tempe tahu goreng, perkedel dan tahu & tempe bacem. Asoy semuanya.

Sotonya sendiri dilengkapi dengan irisan daging, taoge, potongan kentang goreng, seledri, bawang merah goreng dan kuahnya beniiing...rasanya juga bening alias light giru, pokoknya khas banget deh. Saya ga tau sih bumbu kuahnya apa, tapi yang jelas walaupun bening tetep berasa tasty banget rempahnya. Pelengkapnya seperti biasa ada jeruk limo/kadang jeruk kecil dan sambel sotonya merah campur hijau. Sambel kurang pedes buat saya, cuma teratasi dengan menuangkan sekitar 5 sendok teh lah kedalam soto saya, Maniak Makan. Aman laaaah. Hahahhaa #timsapubersihsambal

Harganya saya list yah :
Soto Bening Daging Medium campur : Rp 8000 
Soto Bening Daging Nasi Pisah : Rp 11.000
Soto Betawi Ayam : Rp 19.000 / Daging Rp 22.000
Sosis Solo/ Perkedel / Tahu Isi : Rp 3000
Sate2an : Rp 3000
Tempe Goreng : R 2000
Es Jeruk : Rp 6000
Es Teh Manis : Rp 4000

Setiap makan, paling saya berdua suami cuma habis Rp 40.000-Rp 45.000, dan itupun kenyang sekali sodara sodari sekalian hahaha :) Asik kan? Yuk, mampir kesini kalo kalian pengen makan Soto Bening ala Solo di Depok.
maniak-makan-soto-bening-mbah-ismi-sawangan-depok
Soto Bening Mbah Ismi - Depok
Nuansa restoran ini ala Jawa yang sederhana, kursi dan meja kayu semua. And feels like you're eating in your own home, jadi ga perlu jaim lah intinya. Hihi. Makan aja yang banyak wkwkwkw.

Oke, Soto Bening Mbah Ismi ini memang gak atau belum punya IG, tapi di Google ada kok kalo mau get direction menuju kesini. Oya, inget ya Maniak Makan, mereka buka jam 07.30 hingga jam 17.00 aja. Buat sarapan, lunch atau makan sore kamu pas banget.
Sip lah.

Sekian dulu ya review dari saya tentang Soto. Kalo kalian suka makan soto, banyak soto khas Solo yang buka di Jakarta dan sekitarnya lho, kayak Soto Mbok Giyem, cek deh reviewnya di www.maniakmakan.com. Atau banyak rekomendasi soto yang enak lainnya di Jakarta, seperti : Soto Ayam Ambengan Bulungan, Soto Paru Pak Ace, atau mungkin kalian bukan hanya Maniak Makan Soto, tapi Juga Maniak Masak Soto? Hihihi, cobain dong Resep Uti saya : Soto Daging & Tetelan Kuah Kuning, beuuuuh, dahsyat abeees!

Nah, itu aja, jadi panjang deh ceritanya wkwkwk.
See you on my another makan story ya, guys! Ciao!

Hidup Soto enak!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments