Soto Lamongan Cak Har, Solo

By Austin Utammy - 08:09:00

Kangen Solo!

Ah, Maniak Makan, yang paling saya kangenin dari kota ini selain keluarga dan mertua yang ada disana, temen2, dan ga kalah penting, kangen kulinernya!
Saya tadinya rencana mau kesana minggu ini, tapi karena ada kerjaan jadi diundur dulu liburannya sampai kelar semuanya.

Tapi untuk mengobati kekangenan saya dengan kota Solo, saya mau review salah satu restoran yang menyajikan menu Soto Lamongan yang enak punya, dan resto ini juga katanya adalah restoran yang dikelola oleh keluarga besar pembalap F1 Indonesia yang asli Solo itu tuh... eh, tapi itu sih katanyaa lho ;p
Namanya soalnya adalah Soto Lamongan Cak Har! Nah kan....hahahhaa.
Ah, sudahlah, lanjut ya...

Begitu saya dan sepupu2 tiba di TKP, suasana agak sepi, maklum, sudah melewati jam makan siang, kami datang sore2 gitu. Lalu arsitekturnya yang khas Jawa dengan pendoponya, bikin nyaman, Dan kami memilih untuk duduk di depan area pendopo utama, bukan di pendopo utamanya, karena pengen bisa ngobrol dengan enak aja, lebih sepi.
Pertama datang, kami pesan 2 porsi soto lamongan campur, dan 1 porsi soto & nasi dipisah. Lalu pesen minum juga. Lalu kami sholat bergantian, ada musholla yang cukup bersih ternyata untuk beribadah :)

Selesai sholat, kami sengaja melewati area untuk memilih gorengan (side dish alias makanan pelengkap) yang disajikan di rak kaca. Tapi karena sudah sore, tinggal tersisa sedikit pilihan, akhirnya kami pilih sosis solo sapi & ayam juga tempe goreng.

Pesanan pun datang setelah kami selesai sholat, dan langsung aja yuk kita review rasanya, Maniak Makan!

maniak-makan-soto-lamongan-cak-har-solo
Menu Makanan & Minuman di Soto Lamongan Cak Har, Solo
maniak-makan-soto-lamongan-cak-har-solo
Soto Lamongan Cak Har, Solo
Seperti layaknya soto2 lamongan lainnya, penampilannya memang tidak terlalu menarik, karena kuahnya sudah pasti selalu berwarna kuning keruh, dan isinya tidak ditata dan hampir tak terlihat karena memang kuahnya banjir alias banyak. Tapi mari kita coba yaaa...
Isiannya ada potongan ayam suwir, kol, taoge, telur ayam rebus, daun seledri dan yang bikin soto lamongan sangat special adalah koyanya! Yummm....ternyata rasanya nikmat, Maniak Makan!

Kuahnya gurih, well seasoned, dan semakin banyak kita kasih koyanya akan memberikan rasa yang semakin gurih lagi di rasa kuahnya. Dan isiannya pun cukup banyak dan mengenyangkan. Hanya dengan harga Rp 12.000 (campur/pisah) kamu sudah mendapatkan semangkuk soto lamongan yang ueeenak!

Apalagi ditambahin cemilan pelengkap kita dibawah ini, makin maknyuuusss...
Ada tempe goreng yang asin ngelawuhi alias enak digoreng kering....lalu ada sosis solo basah isi daging sapi & ayam. Harga Sosis solo sapi Rp 4.500 satunya, sosis solo ayam Rp 3.500 dan tempe Rp 1.500. Hmmm....cukup mahal untuk harga cemilan, tapi worth it karena namanya juga cemilan yang disajikan di restoran yang nyaman, pasti harga lebih tinggi sedikit daripada makanan pinggir jalan/ street food kan? Hehehhee.

maniak-makan-soto-lamongan-cak-har-solo-makanan-pelengkap
Makanan Pelengkap di Soto Lamongan Cak Har, Solo
Lalu kamipun sudah memesan minuman2 yang enak2, urutannya dari ki-ka adalah es gula asem yang asem2 menyegarkan rasanya dibandrol dengan harga Rp 6.000, lalu es jeruk yang super enak Rp 6.000 juga. Sebelahnya ada es kunir asam yang rasanya unik dijual dengan harga sama juga yaitu Rp 6.000  dan pastinya juaranya minuman enak di Solo yaitu es teh Rp 4.000 saja.

maniak-makan-soto-lamongan-cak-har-solo-menu-minuman
Menu Minuman di Soto Lamongan Cak Har, Solo
Dan kamipun kenyaaaang!
Yeaaay, happy belly, happy me!

Semoga ulasan saya tentang soto lamongan di kota Solo juga sesuai dengan selera lidah dan perut kalian ya, Maniak Makan!
Selamat mencoba bila kalian sedang di kota Solo, sayapun ingin sekali menikmati untuk kedua kalinya.... :)
Sampai jumpa di review2 saya selanjutnya, dan sepertinya masih dari area kota Solo, karena saya masih kangen dan bangga memperkenalkan kuliner Solo kepada Maniak Makan semuanya di seluruh dunia! Woo hooo....

Oya, buat kalian yang kepengen makan soto enak lainnya di kota Solo, bisa coba Soto Semarang Pak To, lalu di kota Bogor ada Soto Kuning Pa Bongkok...dan kalo kalian mau resep soto super dari Uti saya, bisa coba didapur masing2 sambil buka link Resep Soto Daging & Tetelan ala Uti ya!
Semoga bermanfaat!

Thank you for reading and sharing the love, Maniak Makan.
Love life, love food!!!
See ya!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments