Nasi Kebuli & Sate Abu Salim

By Maniak Makan - 19:53:00

Hei Maniak Makan!
Apa kabarnya? Gak berasa sebentar lagi udah mau Idul Adha, dan insya Allah buat kalian umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa sunnahnya, bisa berjalan dengan lancar dan berkah yah, aamin.

Nah, hari ini saya mau review tentang hidangan bernuansa kambing, karena menjelang Idul Adha nih (ah, bisa aja sih dipas-pas-in hahaha). Ini salah satu restoran yang menyajikan Nasi Kebuli dan Sate Kambing yang enak dan tasty banget. 
Namanya Sate Abu Salim, saya makan di daerah Condet Raya, Jakarta Timur, Maniak Makan. Memang kawasan ini terkenal dengan banyaknya warga asli betawi dan warga Arab, jadinya jangan heran kalo banyak banget makanan khas Arab atau masakan betawi yang enak2 di daerah ini yah hihihi. Saya juga baru sekali nyobain kesini, karena saya sebetulnya bukan maniak makanan Timur Tengah, tapi saya suka banget sama masakan daging kambing, so akhirnya saya cobain deh kesini sama temen2 :)

Ternyata Sate Abu Salim gak hanya ada di Condet, guys, tapi saya pernah lihat juga di kawasan Sawangan Depok. Nah, kami pesan 2 macam makanan aja disini, yaitu Nasi Kebuli Kambing dan Sate Kambingnya. Minumnya kalian bisa cobain Susu Kambing + madu yang rasanya unik.

Ini dia Nasi Kebulinya datang duluan, ini punyanya temen saya,  jadi saya cuma icip2 ajah hehehe. Nasi Kebulinya mantap, porsinya banyak, dan daging kambingnya seems empuk banget bahkan sebelom dicicip. Dan aroma rempahnya langsung bikin nafsu makan meningkat, yuk cobain, Maniak Makan :)
Ternyata nasinya tasty banget, bumbu dan rempahnya aduhai rasanya. Gurih dan campuran rempahnya pas, tekstur nasinya juga pas, gak empuk tapi juga gak pera. Dilahap bersamaan dengan daging kambingnya, makin enak lagi, Maniak Makan. Daging Kambingnya empuk dan tidak berbau, well cooked dan gurihnya pun pas. Dimakan bersama dengan acar yang telah disediakan dan kerupuk emping membuat makin juooos. Ini sih reco banget, guys, kalian harus cobain. Walaupun harganya cukup mahal, tapi sekali2 gapapa laaa hehehe.
Nasi Kebuli Kambing : Rp 60.000
maniak-makan-sate-abu-salim-condet-jakarta-timur-nasi-kebuli-kambing
Nasi Kebuli Kambing - Sate Abu Salim
Lalu akhirnya mulai datang nasi putih kami disusul dengan Sate Kambing Hotplate yang kami pesan. Kami santap ini rame2, karena ternyata 1 porsi aja banyak bangeeettt hahaha. Seporsi sate kambing berisi 20 tusuk dan potongan daging kambing di setiap tusuknya besar2 :) Yum!
Hati2 hotplatenya panas! Ya iya laaah, namanya juga hot plate! grrr...

Sate kambingnya sepertinya dipilih dari daging kambing yang masih muda, karena empuk banget, Maniak Makan. Dan hanya dibumbui dengan garam deh kayaknya, soalnya dagingnya putih bersih, tanpa bumbu celupan. Dan disajikan dengan kecap manis beserta kawan2 seperti potongan cabe rawit & potongan bawang merah. Ini rasanya juooos banget! Reco juga buat kalian, Maniak Makan.
Sate Kambing Hot Plate : Rp 150.000, mantap jiwa!
Nasi Putih : Rp 8000
maniak-makan-sate-abu-salim-condet-jakarta-timur-sate-kambing-hotplate-20tusuk
Sate Kambing Hot Plate - Sate Abu Salim
Minum pake es teh manis/tawar, juice bahkan kalo kalian suka susu kambing jugak boleeeh.
Es Teh Manis : Rp 6000
Teh Tawar : Rp 2000
Juice Jambu : Rp 12.000 (juice lainnya kayaknya juga sama harganya)
Susu Kambing : Rp 15.000

So, Maniak Makan Nasi Kebuli or Sate Kambing, silakan cobain hidangan2 disini aja, karena rasanya approved deh. Walaupun kalian harus merogoh kocek lebih banyak, gapapa, worth it kok.
Oya, kalo kalian suka makan bangsa kambing2an silakan juga cek dan cobain rekomendasi saya di Sate Djono Jogja di Jakarta, Nasi Goreng Kambing Terenak di Solo versi saya & Tongseng Pak No Solo dan kalo kalian lagi di Jogja harus banget ke Sate Klatak Pak Pong!!
Dan ada juga resep menjelang hari Idul Adha dari Maniak Makan niiiih, saya namain Resep Tongseng Kambing World Class saking luar biasa enaknya! Hahahaha, narsis banget ah. Biarin.

Jadi, karena ini temanya kambing dan kambing dan kambing lagi...maka siap2 Simvastatin kalo kata temen saya, mas Oik :p 
Selalu care & tetep jaga tekanan darah dan kolesterol kalian ya, Maniak Makan! 

Sekian dulu review saya kali ini, semoga bermanfaat dan bikin kalian happy yah, guys.
Thank you banget udah selalu baca dan ikutin postingan saya, dan untuk lebih update monggo follow IG Maniak Makan di @maniakmakan atau FB pagenya @maniakmakanid :)
Thanks thanks thanksssss...

See you around!

Hidup sate kambing!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments