Nasi Uduk Abi, Benhil

19:30:00
Selamat pagi everybodiiiih!

Udah sarapan belom? Saya udah dong,hehe. Sarapan berat untuk saya pagi ini, pake Nasi Uduk Abi di Benhil, tepatnya di pertigaan (Y-junction) Benhil, seberang agak serong sedikitnya Seven Eleven :p

Ga susah kok carinya, disitu ada bubur ayam, ketupat sayur dan juga ketan sebagai menu sarapan selain nasi uduk, tapi yang mau saya review adalah nasi uduknya, karena nasi uduknya jossss! Gurih dan rasanya tradisional Jakarta banget!

Okay...mulai ceritanya ya...saya tadi makan ditempat, kebetulan pengen santai sambil menikmati hiruk pikuk pagi hari (dijalan saya liat orang naik motor dan mobilnya udah galak2 gitu, belom sarapan kali yaaa wahaha), ga dibungkus seperti biasanya. 
Saya pesen 1 porsi, pake bihun goreng, bakwan goreng dan telur balado, yang pastinya ada tambahan sambel kacang dan kerupuk. Suami saya pesen sama, kecuali telurnya, dia pake telur dadar. 

Nasi uduknya gurihnya pas; bihun goreng dan bakwannya ala kampung, ga terlalu oily dan cuma berisi sayuran, jadi cocok sama sambel kacangnya; telur baladonya pedes manis, dan kerupuknya yg warna orange itu loooh...kriuk! Nyaaam.
Kalo pesen 1 porsi dijamin kenyang pol, kalo saya lebih memilih untuk pesen nasi uduknya 1/2 porsi aja supaya kenyang cantik, hehehhe.

Ini dia tampilan Nasi Uduk Abi :
Maniak Makan Nasi Uduk Abi Benhil

Menggoda kaaaannn tampilannya?

Nah, ini lauk pauk pelengkap nasi uduknya, macem2 tinggal dipilih aja, ada sate jeroan, risol, orek tempe sampe ayam goreng juga ada, dan lain2.
Maniak Makan Lauk Nasi Uduk Abi Benhil

Sebelum pulang, saya bungkus 3 ketan dan 3 bakwan plus sambel kacang dan sambel merahnya, buat momi saya bekel sarapan di kantor (sarapan yang kenyang ya, mom!). Semuanya cuma 33ribu rupiah. Jadi kira2 harga nasi uduknya 12ribu-an, tergantung kalian ambil lauknya apa sih...hehehhe. Cukup murah untuk sarapan yang enak dan mengenyangkan, bisa2 kalian ga makan sampe maghrib nih, hahahaa!

Bagi kalian pecinta masakan Nasi, cobalah makan Nasi Uduk Abi Benhil ini, insya Allah nagih, bro-cyn!

Hidup Nasi!
(Kalo ini kata suami saya)


Bakso Urat-Bang Slamet, Kantor Pos Pejompongan

01:47:00
Selamat sore!

Sore ini hawa dan cuacanya panas di Jakarta. Mendingan saya ngomongin tentang jajanan makanan yang "panas" juga lah, hehehe. 

Siapa suka sama bakso???
Saya suka banget sama jajanan ini, terutama kalo baksonya jenis urat, bukan bakso halus.

Kebetulan saya tinggal di Pejompongan, Benhil. Disana, tepatnya di depan kantor pos Pejompongan (gampang kok nyarinya, krn cuma kantor pos satu2nya di Benhil dan sekitarnya), ada bakso urat yang endes marendes banget!

Namanya adalah Bang Slamet. Konon seumur hidupnya dia mendedikasikan diri membuat dan menjual bakso terenak se-Pejompongan ini!!!
Bayangin! Meeenn, dia udah jualan dr saya masih kecil bgt, sampe tua sekarang masih kuat tuh abang dorong gerobaknya, bener2 dikasih selamet si bang Slamet ini....wkwkwk.

Dia selalu jualan di kantor pos Pejompongan hari Jumat saja, setiap sebelum solat Jumat udah mangkal disana...adzan, doi cabut Jumatan dulu di masjid deket situ, abis itu jualan lagi sampe abis. Dalam waktu singkat baksonya ludes, makanya kalo mau mampir beli, jangan telat datengnya...

Spesialisasinya adalah bakso uratnya, ada juga bakso telor, dan tetelan dan sum2 tulang sapi. Kuahnya, beeeuuh, rasa kaldunya pas! Gurih! Sama pastinyaaa...saya kan ga bisa makan tanpa sambel tuh, jadi sambel uleg harus ada! Nah, sambel bakso Bang Slamet enak bgt loh! Dia uleg kasar aja dan ga berair, jadi kebayang kan pedesnya? Dikit aja udah mantap pedesnya buat kuah baksonya.

Begini nih penampakannya, dengan harga hanya 10 ribu rupiah saja!

Maniak Makan Bakso Urat Bang Slamet


Maniak Makan Bakso Urat Bang Slamet Kantor Pos Pejompongan


Maniak Makan Bakso Urat Bang Slamet Kantor Pos Pejompongan

Enaaaaaakkkkkk!
Btw, ini saya makan buat makan siang saya tadi, dan seporsi bakso urat+telor+bihun cukup mengenyangkan untuk perut saya yang lucu ini, hehehhe.
Selamat mencoba yaa!

Hidup bakso Bang Slamet!

Resep Garang Asem Ibu Mertua

06:56:00
Halooo...
Malam ini saya mau share resep favorit buatan Ibu Mertua saya. Beliau selalu suka masakkin ini buat saya dan suami setiap kali kami pulang ke Solo.

Mulai yuk! Siap?

Bahan yang dibutuhkan & preparationnya: 
1. Sayap ayam (garang asem paling nikmat kalo hanya pakai sayap ayam, kalo ayam utuh juga boleh, tapi sebaiknya dipotong kecil-kecil) potongannya seperti chicken wings yaa
2. Bawang merah secukupnya (dirajang)
3. Bawang putih secukupnya (dirajang)
4. Cabe rawit merah
5. Tomat hijau
6. Belimbing wuluh (dipotong jadi 2 bagian)
7. Salam & laos (pasangan sejati)
8. Telur 1 butir
9. Santan 
10. Garam
11. Gula pasir
12. Penyedap rasa (bagi yang tidak suka cukup garam dan gula saja)
13. Daun pisang
14. Plastik kiloan (dipotong melebar)
15. Staples

Cara membuat :
1. Campurkan kedalam 1 mangkuk : bawang putih yang sudah dirajang, garam, santan, gula pasir, penyedap rasa dan telur
2. Aduk hingga merata
3. Sisihkan

Cara menata :
1. Untuk wadah daun pisang, urutannya sbb : daun pisang, plastik, lalu daun pisang lagi. 
2. Urutan penataan yaitu : laos, salam, sayap ayam, bawang merah yg dirajang, tomat hijau, cabe rawit merah, belimbing wuluh (satu kemasan cukup 2 potong belimbing wuluh yaa, kalo lebih nanti keaseman)
3. Tutup terlebih dahulu 1 sisi garang asem dengan staples
4. Masukkan 2-3 irus kuah
5. Tutup rata kembali dengan staples

Setelah semua garang asem siap, masak dengan menggunakan dandang selama kurang lebih 75 menit.

Taa daaaa!
Maniak Makan Garang Asem Solo Ibu Mertua

Maniak Makan Resep Garang Asem Ibu Mertua

Garang asem spesial resep ibu mertuaku sayang sudah siaaap dihidangkan dan dimakan pake nasi panas pastinya!

Hidup resep Ibu!

Mie Ayam Pak Kumis, Pengkolan Hang Lekir

06:02:00
Saya suka banget sama yang namanya mie ayam! Apalagi mie ayam yang pedes. Yang pedesnya itu bukan dari saos sambel pepaya pastinya, tapi dari sambel uleg yang cocok kalo dimakan sama mie ayam tersebut.

Nah, karena ini blog post pertama saya di Maniak Makan, saya mau share tentang makanan kesukaan saya dulu, baru makanan2 enak-enak lainnya menyusul, hehehe.

Mie ayam Pak Kumis berlokasi di Hang Lekir Kebayoran Baru, tepatnya di pengkolan antara Hang Lekir 5 dan Hang Lekir 10. Kayak namanya, emang yang jualan berkumis, hahahha, dan dia punya mie ayam yang menurut saya okeeee bangeeet!

Mie ayam yang biasa saya order itu begini kriterianya, mienya ga kelodohan alias ga kematengan, kering kerontang (kuahnya pake mangkok terpisah), dan komplit pake bakso dan pangsit basah. Mie ayam Pak Kumis itu selalu menyediakan pangsit gorengnya juga, dan kalo suka bisa pake potongan daun bawang.

Tapiii... yang bikin saya doyan banget sama mie ayam ini, justru pelengkapnya, yaitu sambelnya, yes, sambel uleg cabe rawit merah yang pedesnya sampe bikin garuk-garuk kepala! Ga tau kenapa ni sambel cocok banget sama mie ayamnya, emang sih saya agak subjektif, karena jujur aja saya penyuka pedas, dan ga bakalan makan makanan yang ga pedas. Tapi beneran deh, ini mie ayam paling cocok kalo dimakan pake sambel ulegnya! Mulai dari wanginya udah bikin cepet-cepet makan aja, hahahha, jadi laper nih saya gara-gara cerita ini.

Penampakannya kayak begini pemirsaaah...ini kebetulan baksonya lagi habis, trs sambelnya udah saya aduk merata ;)

Maniak Makan Mie Ayam Pak Kumis Pengkolan Hang Lekir

Mantaaap gaaak siiiihhhh??!!
Harganya pun relatif murah lho, cuma 10 ribu rupiah!

Tapi, kalo kalian mau makan mie ayam Pak Kumis ini dan dia ga ada, artinya dia lagi pulang kampung, biasanya bisa ga ada 1 minggu di pengkolan. Itu mungkin salah satu trik dia biar kita kangen kali yaaa...hehehhe.

Nah, itu aja kayaknya yang bisa saya ceritain, semoga kalian juga suka sama seperti saya. 

Hidup mie ayam!