Soto Seger Hj. Fatimah Boyolali

21:14:00
Hello Maniak Makan,

Apa kabar? Hihi, maaf ya saya baru sempet nulis lagi, ternyata jadi orang hamil tua itu sibuk juga, mulai dari bangun pagi, jogging & yoga, terus sarapan bergizi, bobo siang, urusin kerjaan (kalo pas ada), entertainment time bisa nonton tv/main gadget, masak buat makan sore&malam, trs harus udah mandi sebelom jam 17.30. Pokoknya padat, dan akhir2 ini sering banget bobo cepet, gak bisa melek kayak dulu lagi ni matakuuuu...hahaha. Jadi, kegiatan menulis pun harus diplanning -_-

Nah, hari ini rencana aku mau nulis 2-3 review lanjutannya #maniakmakandisolo hehe, nyicil mumoung Jumat lagi santai. 
Yang pertama, ini cerita waktu saya sama suami & temen2 di Solo mampir ke Transmart Pabelan, kita main di Trans Studio Mini gitu, killing time and money namanya juga liburan shaaay. Terus pas udah sore, biasa bumil laper pengen maem lucu gitu, tapi kalo bisa gak junk food. Akhirnya dipilihlah Soto Seger Fatimah Boyolali.

Ini sih katanya sama yang punya Soto Mbok Giyem, guys. Malah katanya cuma ganti nama & branding aja. Tapi kurang tau juga deh. Yang jelas, ini soto bening juga kayak Soto Kwali Karunia di Solo & Soto Bening Mbah Ismi di Depok. 
Saya pesen semangkok soto daging + sandung lamur. Yummy banget dimakan sore-sore gini kan.
Ini dia, sotonya datang....aiiih...aiiih...selamat makan! Makannya jangan lupa pakai gorengan dan sate-satean yang sudah banyak tersedia di masing-masing meja ya guys!
maniak-makan-soto-segeer-hj-fatimah-boyolali-transmart-solo-soto-daging-plus-sandung-lamur
Soto Daging Plus Sandung Lamur
maniak-makan-soto-segeer-hj-fatimah-boyolali-transmart-solo-tempe-mendoan-crispy-gorengan
Tempe Mendoan Crispy
maniak-makan-soto-segeer-hj-fatimah-boyolali-transmart-solo-sate-jeroan-kikil
Sate Jeroan - Kikil
maniak-makan-soto-segeer-hj-fatimah-boyolali-transmart-solo-bakwan-jagung-crispy-gorengan
Bakwan Jagung Crispy
Maniak Makaaaan...Soto Daging & sandung lamurnya warbyasak!
Sotonya pertama2 itu panas sekali, jadi saya suka banget. Padahal saya gak request panas, tapi mereka standardnya sudah begitu, well done. Positif review banget untuk awalan. Lalu, soto dengan mangkok mini ini berisi nasi, sayuran toge dan seledri, lalu potongan daging dan sandung lamurnya itu gak pelit, buanyaak, jadi kita gak bakal takut kehabisan dagingnya sebelum nasinya habis. Dan kuahnya gurih dan berasa banget kaldu dagingnya, bening tapi rasanya kental. Dan ditambah kesukaan saya, cabe uleg & sedikit tambahan garam, bikin rasanya cocok sekali di lidah saya :) Lalu dagingnya empuuuk, dan sandung lamurnya gak usah ditanya lagi, lumer di mulut, nyesss glek!
Seneng deh makannya, semangat. Apalagi ditambah aneka gorengan yang saya ambil seperti Tempe Mendoan Crispy, Bakwan Jagung, dan juga ada sate-satean seperti sate jeroan (kikil) dan lain2 juga sate telur puyuh. Yummy Parah!
- Soto Biasa (Nasi campur Soto Daging & Sandung Lamur) : Rp 12.000
- Gorengan : Rp 2000
- Sate Jeroan : Rp 7000
- Sate Telur : Rp 5000
- Es Teh Manis : Rp 6000
- Air Es : Rp 2000

Harganya juga affordable bangeeettt...iiih, seneng banget deh makan enak dan terjangkau gini. Sering2 aja di Jakarta ada kayak gini juga hahahaha (ngarep).
maniak-makan-soto-segeer-hj-fatimah-boyolali-transmart-solo-interior
Suasana Soto Seger Hj. Fatimah Boyolali di Transmart Pabelan, Solo
Sooo...itu dia review Soto Segeer Hj. Fatimah Boyolali yang bisa kalian temukan gak cuma di Transmart Pabelan Solo aja, guys, tapi juga di beberapa tempat lain di Solo, seperti di daerah Tipes kalo gak salah. Konon katanya ganti nama, di area Pamulang juga ada Soto Mbok Giyem kan, nah, saya belom cek tuh, apakah namanya sudah ganti jadi Soto Segeer Hj. Fatimah. 
Tapi memang jelas sepertinya standardnya seperti Soto Mbok Giyem sih, rasanya sama. Kayaknya memang bener hanya ganti nama & rebranding deh. Whatever, yang pentiiingggg...

Hidup Soto Enak!!!

See you soon, Maniak Makan!
Still in #maniakmakandisolo edition!
Thank you!

BnD Pizza Solo

08:36:00
Hello, Maniak Makan!
Happy weekend yah!

Buat kalian yang mau hang out hari ini....di kota Solooooo tapinya, wkwkwk, bukan di Jekarda or kota lainnya. Di kota Solo ada tempat yang hits ya postingan IGnya, saya aja tertarik untuk kesini pertama-tama karena foto makanan di IGnya itu lhooo... yumm! Bikin ngiler parah.
Jadi di IGnya @bndpizza ini, kalian bisa bener2 kepengen makan semuanya! Karena foto2nya menggiurkan semua, siapa sih fotografernya? wkwkwk.
BnD terletak di Jl. Yosodipuro no.35 Solo, dengan nomer telvon bila kalian mau booking tempat ke 0271-2932543, tepatnya deket bunderan Monumen Pers sebelah soto, yang pintunya bunder :) Dan kalian bisa kesini mulai jam 10.00 hingga 24.00 malam. Cool. Bisa brunch, lunch, ngemil sore, dinner dan supper. Ahahahaak :p

Tapi, saya kesini kan after dari makan Es Krim Tentrem, jadi udah gak mau yang manis-manis lagi, pengen ngemil yang asin2 aja. Jadilah kita malam itu, bertiga sama mbai & Enos, Japanese food night. Yes, BnD punya Japanese Food juga, warbyasaaak!

Kita pesen cuma sedikit malam itu, maklum lagi posisi kenyang, padahal liat menunya ada baked rice sama pizza kesukaan sayaaa...ooogh, kepengen, tapi apa daya kenyang sekali. Akhirnya kita pesen :
1. Cutterpilar Sushi

maniak-makan-bnd-pizza-solo-japanese-food-cutterpilar-sushi
Cutterpilar Sushi
Seporsi sushi ini dibandrol dengan harga Rp17.000 dengan 4 suapan sushi. Dan walaupun saya minta wasabi tapi tidak tersedia di malam itu, ini sushi sudah cukup pedas, Maniak Makan. Jadi, mayo dan chili flakesnya bikin sensasi panas di lidah, bagi yang gak suka pedas jangan pesen ini yah, kalian bisa on fire minum melulu nanti. Kalo saya sih suka, isinya itu sayuran dengan crab stick diatasnya. Oke lah tastenya untuk sushi yang murmer, good job.

2. Katsu Crab Sushi 

maniak-makan-bnd-pizza-solo-japanese-food-katsu-crab-sushi
Katsu Crab Sushi
Kalo pesenan kedua kami ini, Katsu Crab Sushi, saya sebenernya baru ngeh pas udah mesen lamaaa...kok crab lagi ya? Huahahaha. Sama kayak yang pertama dong ya? Tapi slightly different kok, guys, soalnya ini pake nori. Dan rasanya ga sepedas yang Cutterpilar, ehehe. Rasanya juga enak untuk seporsi sushi isi 4 yang dibandrol dengan harga hanya Rp 17.000 :)

3. Gyoza

maniak-makan-bnd-pizza-solo-japanese-food-gyoza
Gyoza
Nah, ini Gyoza pesanan mbai, ternyata seporsi isi 3 daaaan...kecil se-iprit banget gyozanya huhu, penonton kecewaaa, Malah sayuran saladnya yang lebih banyak, irisan wortel & kol+mayo. Emang sih Rp 13.000, tapi kok kecil biangeeettt yooo... -_-'

4. Es Teh manis = Rp 4000

maniak-makan-bnd-pizza-solo-es-teh-manis
Es Teh Manis
5. French Fries

maniak-makan-bnd-pizza-solo-french-fries
French Fries
French Fries biasaaa...buat dek Enos, dia sukanya ngemil ini. Alhamdulillah french fries seharga Rp15.000 ini enak ya, panas dan well done nggorengnya :)

Nah, sekian sih Maniak Makan reviewku untuk BnD di awal kali pertama datang kesini. Semoga kapan2 pas ke Solo lagi bisa nyicipin menu lainnya yang recommended. Berikut ini beberapa nuansa malam hari di BnD pizza, coba deh mampir kesini buat kalian Maniak Makan di kota Solo yang belom pernah. Cobain, dan kasihtau rekomendasi makanan dan minuman favorit kalian yah!

Sampai jumpa di review #maniakmakandisolo selanjutnya yah.
Bye-byeee....Maturnuwun.

maniak-makan-bnd-pizza-solo-pintu-bundar
Pintu Bundar BnD Pizza

maniak-makan-bnd-pizza-solo-interior
Interior BnD Pizza, ada lantai 2 loh

maniak-makan-bnd-pizza-cashier
Service Area/ Cashier

maniak-makan-bnd-pizza-solo
Maniak Makan in BnD Pizza

maniak-makan-bnd-pizza-solo
Bertiga sama mbai & Enos

Es Krim Tentrem, Solo

07:18:00
Hai, Maniak Makan!

Ketemu lagi...saya beberapa hari ini mualeees banget nulis, tapi lagi semangat2nya jogging dan prenatal gentle yoga setiap hari semenjak minggu lalu. Tapi entahlah, 3 hari terakhir bener2 males untuk mikir buat nulis, hehe, bawaan bayi kali ya.
Eh tapi, hari ini saya mo nulis tentang es krim nih. Kenapa ya? Pengen aja, duluin review yang ini, karena tiba2 keinget pesen dokter untuk jaga makanan terutama yang manis-manis :p Dan es krim adalah salah satu favorit saya buat ngemil, gimana dong? Yaaa...ditahan aja sih selama hamil ini, ga banyak2 makannya.

Tapi, waktu #maniakmakandisolo hehe, untungnya sempet nyobain salah satu kuliner legendaris di kota ini, yaitu Es Krim Tentrem yang sudah berdiri sejak tahun 1952, wow! Karena Maniak Makan, selama saya kuliah, bahkan selama saya di Solo berkali-kali lewatin tempat ini, saya belom pernah mampir kesini. Kepengen doang, gak mampir -__-

Makanya, kesempatan datang setelah ada yang bisa diajak kesini, yaitu Mbai n anaknya, Enos. Tak culik mereka kulineran di malam itu. Untungnya toko belum tutup, tutupnya kalo gak salah jam 21.00 atau 22.00 deh. Kita kesana udah agak mepet juga, jam 19.30-an. Lokasinya strategis, berada di pojokan Ngarsopuro, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi no. 132 Solo, bisa telvon dulu kalo mau booking buat temen2/keluarga besar, di nomer 0271-7890425.
Dan sebelum kesana, saya kepoin IGnya yaitu @neweskrimtentrem dan sebenernya udah ngincer beberapa es krim, kayak es krim Rainbow, Tutti Fruti sama Es Krim Lolynya, sayangnya malam itu semuanya not available huhuhu.

Alhasil, kami pesan beberapa pengganti ke-BM-an saya, yaitu, pertama pesenan dek Enos dulu ya :
1. Strawberry Circus 
Karena es krim strawberrynya habis, jadinya Enos pilih es krim bubble gum sebagai pengganti . Jadilah namanya saya ganti sendiri jadi Bubble Gum Circus hehe. Es krim ini ala circus banget deh, meriaaah! Ada lollipop diatasnya, lalu 1 scoop es krim bubble gum-nya dihiasi topping ceri dan whipped cream dan ditaburi candy sprinkle, lalu dibawah es krimnya ada marshmellow dan cornflakes. Heboh kan? Kids definetely love this kinda ice cream.
Harga segelas ini dibandrol Rp 19.000

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-strawberry-circus
Bubble Gum Circus
And then, yang kedua, pesenan saya nih. 
2. Belgian Waffle Ice Cream
Sok iye bakal bisa ngaabisin satu porsinya banget hahaha, pesen pake yang ada wafflenya wkwkwk. Namanya Belgian Waffle ice cream, berisi 3 scoop ice cream dan waffle. Dibandrol Rp 22.000 saja, Maniak Makan. Yummy kaaan harganya? Nah, untuk rasanya, saya pilih 3 scoop ice creamnya itu cokelat, bubble gum dan kopyor plus ganache cokelat sebagai sausnya. Saya suka es krim cokelatya, klasik. Tapi bubble gum-nya terlalu manis buat saya dan kopyornya kurang berasa malahan kelapanya. Disajikan dengan waffle tipis dan (unfortunately) saya dapet yang agak gosong bawahnya dan agak keras ternyata adonan wafflenya, gak fluffy dan gak empuk layaknya waffle biasanya, dan gak panas wafflenya, apa gak freshly made? Saya lupa nanya.
Jadi, perpaduan antara makan dingin-panas yang saya harapkan gak kejadian nih di adegan makan es krim saya. Harap maklum deh, mungkin dan semoga saya lagi apes aja, guys. Tapi patut kalian ingatkan ke mba waitress-nya supaya hal ini ga kejadian di kalian yah, Maniak Makan :)

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-cream
Belgian Waffle Ice Cream
Sekarang gilirannya Mbai, pesenannya adalah :
3. Red Planet

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-red-planet
Red Planet
Red Planet ini terdiri atas 3 scoop ice cream, yaitu kopyor, strawberry dan anggur. Tapi karena strawberry habis malam itu, jadilah mbai ganti jadi...bubble gum lagi. Entah mengapa kok kita ga pilih rasa lainnya -_-' gak kreatif banget rasa es krim kami malam ini ahahaha.
Dihidangkan dengan wafer dan topping whipped cream dan ceri, dan sausnya pakai saus orange kayaknya. Es Krim anggurnya yummy :) Seger.
Red Planet dibandrol dengan harga Rp 21.000

Nah, ini  dia bermacam-macam varian rasa di Es Krim Tentrem ini. Menurut saya mirip sekali rasa home made ice creamnya dengan yang di Malang, Toko Oen namanya. Klasik, cuma di Es Krim Tentrem, dekorasi lebih modern ya.

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952
Es Krim Tentrem, Solo

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-interior
Interior Es Krim Tentrem, Solo

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-squad
Mbai, Enos & me

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-eksterior
Eksterior Es Krim Tentrem, Solo
Yup, itu dia sedikit review dari saya tentang Es Krim Tentrem, kuliner legend dari kota Solo, semoga selalu bisa bikin inovasi dan perbaikan juga ya, maaf bila ada salah2 kata, saya review sesuai lidah saya sendiri saja, dan pastinya saya akan mampir kembali untuk nyobain 3 varian es krim yang belom bisa saya coba karena waktu lalu not available, see you next time!

Dan, Maniak Makan, jangan lupa untuk kepoin juga dong FB page dan IGnya Maniak Makan yaaa...sampai jumpa di review selanjutnya, masih di kota Solo ya, guys! Jangan bosen duluk, wkwkwk. 
See you, thank you for reading my food blog, GBU!

Hidup es krim enak!

Resep Soto Bening Solo ala Ibu Mertua

22:59:00
Hello, guys!
Happy Saturday!

Siapa yang hari ini masih ngantuk gara2 nonton Piala Dunia 2018 kemarin? Hahaha, kalo saya mah harus dipaksa buat bangun pagi, karena abis Subuhan, menjelang 30 weeks pregnancy, harus lebih sering dan dibiasain gerak, jadi langsung jalan pagi dan prenatal gentle yoga tiap hari. Cuma berusaha terus & berdoa, semoga bisa bermanfaat nanti pas lahiran bisa normal dan lancar persalinannya...aamiiin.
Dan yang pasti, selama hamil ini saya pun selalu mencoba untuk makan yang sehat bergizi, kalo bisa masak sendiri lebih ok. Dan makanya selama mudik ke Solo kemarin, sekalian minta resep sama Ibu Mertua saya, masakan2 yang saya doyan. Nah, salah satunya ini nih... Soto Bening.

Soto Bening memang terkenal di area Solo dan sekitarnya, Maniak Makan. Karena di Jawa Tengah ini walaupun ada soto kuah kuning juga, tapi yang kuah bening entah mengapa lebih diminati. Lebih banyak pula yang jualan, di restoran hingga kaki lima, buanyaaak banget yang jual, mulai dari soto pagi sampe soto bengi alias malam hari hingga subuh.
Contohnya banyak. Di www.maniakmakan.com saya udah beberapa kali review tentang soto bening, ada Soto Bening Mbah Ismi Depok, Soto Semarang Pak To dan Soto Kwali Karunia di Solo dan masih banyak lagi.

Nah, di kesempatan kali ini akhirnya saya nanya ke Ibu, resep Soto Bening yang sering Ibu buat itu gimana sih cara masaknya?
Ternyata begini, Maniak Makan.

Resep Soto Bening ala Ibu Mertua
maniak-makan-resep-soto-bening-solo-ala-ibu-mertua
Soto Bening Solo ala Ibu Mertua
Bahan :
1. Daging Sapi bagian kisi plus lemak sedikit biar enak, rebus dengan air sepanci hingga empuk dan potong daging dadu/iris tipis sesuai selera. 
2. Belimbing wuluh/ tomat hijau sebagai pengganti kalo ga ada, potong-potong.
3. Tempe busuk/ semangit, utuhan, nanti untuk dimasukkan ke kuah soto 

Bumbu:
Uleg :
1. Merica secukupnya
2. Bawang merah 5 siung
3. Bawang putih 5 siung
4. Kemiri 2 butir
Setelah diuleg, disangrai dengan :

5. Sereh 2 batang (digeprek)
6. Lengkuas 2 cm (digeprek)
7. Daun jeruk secukupnya
Masuk ke sangrai-an semua.

Bahan pelengkap :
1. Tauge (direbus sebentar)
2. Seledri
3. Bawang Goreng

Cara memasak :
1. Setelah daging dan lemak direbus hingga empuk dan dipotong2 dan kuah kaldu daging sudah ready, masukkan semua bumbu yang sudah disangrai kedalam panci. 
2. Masukkan tempe busuk/ semangit ke dalam panci
3. Masukkan potongan belimbing wuluh/ tomat hijau kedalam panci, biarkan mendidih.
4. Sajikan soto dengan Bahan Pelengkap.

Hehehee, gampang kan guys? Gampang dan enaaak, beneran!
Saya sendiri juga belum pernah nyobain masaknya sendiri sih, waktu itu cuma liat Ibu masak doang pas di Solo, gak dibolehin bantuin :p Tapi pasti beda tangan beda rasa juga wkwkwk. Semoga bisa nyamain rasa yang bikin ngangenin itu yah.
Kalian juga :)

Semoga resep kali ini bermanfaat buat kalian ya, Maniak Makan!
Sampai jumpa di review dan resep2 enak selanjutnya, masih di edisi #maniakmakandisolo tapi yaaa...maklum nih, mudik lama jadi buanyaaak banget reviewannya disana.

See you again soon, guys!
Jangan lupa dong, follow Instagram kita @maniakmakan dan like FB page kita Maniak Makan juga. Biar bisa share langsung ke keluarga, sahabat dan temen2 kalian kalo ada resep/reviewan dari kami.
Ditunggu yah follow & likenya!

Thanks for reading my food blog.
Kalo ada salah kata, maafin ya :) Semoga resepnya cucok buat kalian.
Byeee...

Hidup Soto enak!

Resep Terik Tahu dan Ayam Goreng Manis

22:54:00
Hai Maniak Makan,
Gimana puasanya? Lancar kan? 
Alhamdulillah kalo lancar, jangan mau kalah sama saya yang lagi hamil 25weeks ya, insya Allah saya  tetep semangat puasa, tinggal sebentar lagi Ramadhan berakhir. Dan semoga baby in my belly jadi makin sehat dan berkah. Hehe, aamiin. 

Nah, saya dan suami memutuskan untuk mudik tahun ini, sebelum saya lahiran. Dan sejak kemarin saya sudah sampe di Solo, wah, kebayang dong makanan apa aja yang udah saya incer? Buanyaaak. 
Jajan di angkringan udah, jajan nasi liwet udah, dan ga cuma jajan, tapi dirumah mertua, saya dimasakin macem2 makanan yang enak2 yummmm... Kemaren dimasakin balado kentang+lele, hari ini buka puasa dimasakin Sayur Terik & Ayam Goreng Manis. 

Seperti terlihat di gambar dibawah, ini memang masakan rumahan biasa dan cenderung ndeso, apalagi sayur teriknya. Dan ayam gorengnya hitam kelam tapi dijamin mantep rasanya wkwkwk. Gimana ya, rasanya itu ngangenin dan Solo banget hehe. Saya langsung minta resepnya sama ibu mertua saya yang jago masak itu.
maniak-makan-resep-tahu-terik-dan-ayam-goreng-manis
Tahu Terik & Ayam Goreng Manis
Mau tahu resepnya? Siapa tau Maniak Makan suka dan bisa coba praktek dirumah untuk menu sahur/berbuka ya. Yuk, masak!

Resep Terik Tahu

Bahan :
1. Tahu goreng segitiga & Tempe (lebih sedikit dr tahunya) secukupnya 1 panci sedang, dan tambahkan potongan daging/tetelan 2 buah sebagai penambah rasa kaldu
2. Santan 1/2 buah
3. Air secukupnya 
4. Gula merah sedikit 

Bumbu halus :
1. Bawang merah 7 siung
2. Bawang putih 5 siung
3. Kemiri 4 butir
4. Ketumbar 1sdt
5. Garam secukupnya
6. Penyedap/royco secukupnya

Bumbu geprek :
1. Salam 2 lembar
2. Laos sejempol, geprek

Cara Memasak :
1. Siapkan tahu yang sudah dicuci bersih dan tempe yang sudah dipotong kedalam panci ukuran sedang
2. Masukkan bumbu halus, bumbu geprek, dan air kedalam panci, masak hingga setengah matang
3. Masukkan santan dan gula merah, aduk hingga merata dan aduk perlahan agar santan tak pecah
4. Cicipi, dan masak hingga matang
5. Angkat dan sajikan

Resep Ayam Goreng Manis

Bahan ayam ungkep :
1. Ayam bagian paha dan dada 16 potong
2. Air secukupnya
3. Kecap manis secukupnya 
4. Gula pasir sedikit (taburkan sebelum diangkat dari ungkepan untuk efek gosong manis) 

Bumbu halus :
1. Bawang merah 7 butir 
2. Bawang putih 7 butir
3. Merica secukupnya 
4. Garam secukupnya
5. Penyedap rasa/ royco ayam secukupnya 
6. Kemiri 3 siung
Cara Memasak :
1. Siapkan panci berisi ayam dan air
2. Masukkan dan aduk rata bumbu halus dan kecap manis 
3. Masak hingga ayam empuk
4. Angkat dan sisihkan
5. Goreng ayam dengan minyak panas, angkat bila sudah matang. 

Gitu deh cerita resep ala ibu mertuaku hari ini. 
Semoga Maniak Makan suka sama resepnya dan sukses praktek dirumah ya, thanks for reading my food blog, guys! 
Hidup resep enak! 

FOLLOW @ INSTAGRAM