Soto Gading, Solo

Hai, Maniak Makan, 
Halooo. Saya jadi kepengen share salah satu jenis sarapan saya waktu #maniakmakandisolo lalu. Ini salah satu jajanan yang super legendaris di kota Solo. Dan Presiden kita, Pak Jokowi juga kerap mampir kesini loh kalo beliau pulang. Tapi ini pertama kalinya saya kesini, padahal udah tau dari waktu saya kuliah xixixi. 
Jreng jreng... Ini dia Soto Gading yang super famous, Maniak Makan! 
Dan tau ga, guys? Ruameee banget pagi itu. Saya kesana jam 7 atau 8 pagi lah kira2, dan antriannya udah banyak ahahaha. Banyak banget yang mau sarapan pagi itu disana. 
Btw, Soto Gading ini letaknya sesuai namanya, di area Gading, Solo. Tepatnya di Jl. Brigjen Sudiarto no. 75, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo. Buka jam 6 pagi dan tutupnya siang menjelang sore.

Saya dapet duduk di depan panci sotonya, dan suami saya belom dapet duduk. Dia memilih berdiri dibawah pohon sambil merokok sembari menunggu. Tapi saya disuruh pesen makan duluan. Ini dia soto saya, campur dengan nasi. Mari kita cicipi, Maniak Makan!
maniak-makan-soto-gading-solo
Soto Gading Solo
Yey, semangkuk Soto Gading campur nasi siap saya nikmati. Tapi begitu awal pencicipan, saya heran kok kaldunya ga ada rasanya? Ternyata emang begitu, Maniak Makan. Kita diperkenankan untuk meracik kaldu yang kita sukai sendiri, jadi sudah disiapkan garam meja, jeruk nipis, sambal uleg dan kecapnya. Jadi tergantung selera masing2 gitu deh. Dan kuah bening awalnya itu super panas dan gurih, kesukaan saya nih hehe.
Selain nasi, ada suwiran ayam, seledri, bawang goreng dan soun. Saya tambahkan sambel uleg agak banyak dan garam, juga sedikit perasan jeruk nipis. Yummyyy...enak deh racikan saya. Saya gak suka pake kecap untuk kuah soto saya. Lalu tambahkan tempe kering yang cuma ada di pasar Solo nih, jadi ini tempe daun pisang satuan yang digoreng simple menggunakan bumbu garam dan bawang putih, lalu digoreng kering...Mmmmh, cucok banget rasanya sama Soto Gadingnya. Lalu minumnya saya pesan es teh manis yang kental dan uenaaak tenan rasaneee, Maniak Makan.
maniak-makan-soto-gading-solo-juoosss
Tambah sambal,jeruk nipis, garam dan tempe kriuk makin juooosss
maniak-makan-soto-gading-solo-juoosss
Sepanci soto panas penuh kenikmatan
maniak-makan-soto-gading-solo-suasana
Suasana di Soto Gading Solo
maniak-makan-soto-gading-solo-suasana-area-dalam
Area dalam Soto Gading Solo
maniak-makan-di-soto-gading-solo
Foto dulu aaahhh...
Bisa kalian lihat sendiri di gambar kalo pagi itu suasana ruameee banget, padahal masih termasuk pagi lho saya datengnya. Hm, memang enak dan terjangkau sih! Saya cuma abis sekitar Rp 15.500, karena saya emang gak banyak ambil gorengannya sih, cuma semangkuk Soto Gading campur, tempe dan es teh manis 1. Waaah, senangnya hatiku, sotonya enak dan panas, tempenya enak, es tehnya juga juooosss...Surga Dunia.

Nah, buat kalian yang belum pernah kesini, mampir deh kalo pas di Solo, semoga suka ya kayak saya hehehe. Masih dengan #maniakmakandisolo, ikutin lanjutan cerita kuliner saya yah, belom abis nih. Tapi besok...wkwkwk.
See you soon, guys. Thanks for reading my blog!

Hidup Soto enak!