Resep Soto Bening Solo ala Ibu Mertua

Hello, guys!
Happy Saturday!

Siapa yang hari ini masih ngantuk gara2 nonton Piala Dunia 2018 kemarin? Hahaha, kalo saya mah harus dipaksa buat bangun pagi, karena abis Subuhan, menjelang 30 weeks pregnancy, harus lebih sering dan dibiasain gerak, jadi langsung jalan pagi dan prenatal gentle yoga tiap hari. Cuma berusaha terus & berdoa, semoga bisa bermanfaat nanti pas lahiran bisa normal dan lancar persalinannya...aamiiin.
Dan yang pasti, selama hamil ini saya pun selalu mencoba untuk makan yang sehat bergizi, kalo bisa masak sendiri lebih ok. Dan makanya selama mudik ke Solo kemarin, sekalian minta resep sama Ibu Mertua saya, masakan2 yang saya doyan. Nah, salah satunya ini nih... Soto Bening.

Soto Bening memang terkenal di area Solo dan sekitarnya, Maniak Makan. Karena di Jawa Tengah ini walaupun ada soto kuah kuning juga, tapi yang kuah bening entah mengapa lebih diminati. Lebih banyak pula yang jualan, di restoran hingga kaki lima, buanyaaak banget yang jual, mulai dari soto pagi sampe soto bengi alias malam hari hingga subuh.
Contohnya banyak. Di www.maniakmakan.com saya udah beberapa kali review tentang soto bening, ada Soto Bening Mbah Ismi Depok, Soto Semarang Pak To dan Soto Kwali Karunia di Solo dan masih banyak lagi.

Nah, di kesempatan kali ini akhirnya saya nanya ke Ibu, resep Soto Bening yang sering Ibu buat itu gimana sih cara masaknya?
Ternyata begini, Maniak Makan.

Resep Soto Bening ala Ibu Mertua
maniak-makan-resep-soto-bening-solo-ala-ibu-mertua
Soto Bening Solo ala Ibu Mertua
Bahan :
1. Daging Sapi bagian kisi plus lemak sedikit biar enak, rebus dengan air sepanci hingga empuk dan potong daging dadu/iris tipis sesuai selera. 
2. Belimbing wuluh/ tomat hijau sebagai pengganti kalo ga ada, potong-potong.
3. Tempe busuk/ semangit, utuhan, nanti untuk dimasukkan ke kuah soto 

Bumbu:
Uleg :
1. Merica secukupnya
2. Bawang merah 5 siung
3. Bawang putih 5 siung
4. Kemiri 2 butir
Setelah diuleg, disangrai dengan :

5. Sereh 2 batang (digeprek)
6. Lengkuas 2 cm (digeprek)
7. Daun jeruk secukupnya
Masuk ke sangrai-an semua.

Bahan pelengkap :
1. Tauge (direbus sebentar)
2. Seledri
3. Bawang Goreng

Cara memasak :
1. Setelah daging dan lemak direbus hingga empuk dan dipotong2 dan kuah kaldu daging sudah ready, masukkan semua bumbu yang sudah disangrai kedalam panci. 
2. Masukkan tempe busuk/ semangit ke dalam panci
3. Masukkan potongan belimbing wuluh/ tomat hijau kedalam panci, biarkan mendidih.
4. Sajikan soto dengan Bahan Pelengkap.

Hehehee, gampang kan guys? Gampang dan enaaak, beneran!
Saya sendiri juga belum pernah nyobain masaknya sendiri sih, waktu itu cuma liat Ibu masak doang pas di Solo, gak dibolehin bantuin :p Tapi pasti beda tangan beda rasa juga wkwkwk. Semoga bisa nyamain rasa yang bikin ngangenin itu yah.
Kalian juga :)

Semoga resep kali ini bermanfaat buat kalian ya, Maniak Makan!
Sampai jumpa di review dan resep2 enak selanjutnya, masih di edisi #maniakmakandisolo tapi yaaa...maklum nih, mudik lama jadi buanyaaak banget reviewannya disana.

See you again soon, guys!
Jangan lupa dong, follow Instagram kita @maniakmakan dan like FB page kita Maniak Makan juga. Biar bisa share langsung ke keluarga, sahabat dan temen2 kalian kalo ada resep/reviewan dari kami.
Ditunggu yah follow & likenya!

Thanks for reading my food blog.
Kalo ada salah kata, maafin ya :) Semoga resepnya cucok buat kalian.
Byeee...

Hidup Soto enak!