Es Krim Tentrem, Solo

By Austin Utammy - 07:18:00

Hai, Maniak Makan!

Ketemu lagi...saya beberapa hari ini mualeees banget nulis, tapi lagi semangat2nya jogging dan prenatal gentle yoga setiap hari semenjak minggu lalu. Tapi entahlah, 3 hari terakhir bener2 males untuk mikir buat nulis, hehe, bawaan bayi kali ya.
Eh tapi, hari ini saya mo nulis tentang es krim nih. Kenapa ya? Pengen aja, duluin review yang ini, karena tiba2 keinget pesen dokter untuk jaga makanan terutama yang manis-manis :p Dan es krim adalah salah satu favorit saya buat ngemil, gimana dong? Yaaa...ditahan aja sih selama hamil ini, ga banyak2 makannya.

Tapi, waktu #maniakmakandisolo hehe, untungnya sempet nyobain salah satu kuliner legendaris di kota ini, yaitu Es Krim Tentrem yang sudah berdiri sejak tahun 1952, wow! Karena Maniak Makan, selama saya kuliah, bahkan selama saya di Solo berkali-kali lewatin tempat ini, saya belom pernah mampir kesini. Kepengen doang, gak mampir -__-

Makanya, kesempatan datang setelah ada yang bisa diajak kesini, yaitu Mbai n anaknya, Enos. Tak culik mereka kulineran di malam itu. Untungnya toko belum tutup, tutupnya kalo gak salah jam 21.00 atau 22.00 deh. Kita kesana udah agak mepet juga, jam 19.30-an. Lokasinya strategis, berada di pojokan Ngarsopuro, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi no. 132 Solo, bisa telvon dulu kalo mau booking buat temen2/keluarga besar, di nomer 0271-7890425.
Dan sebelum kesana, saya kepoin IGnya yaitu @neweskrimtentrem dan sebenernya udah ngincer beberapa es krim, kayak es krim Rainbow, Tutti Fruti sama Es Krim Lolynya, sayangnya malam itu semuanya not available huhuhu.

Alhasil, kami pesan beberapa pengganti ke-BM-an saya, yaitu, pertama pesenan dek Enos dulu ya :
1. Strawberry Circus 
Karena es krim strawberrynya habis, jadinya Enos pilih es krim bubble gum sebagai pengganti . Jadilah namanya saya ganti sendiri jadi Bubble Gum Circus hehe. Es krim ini ala circus banget deh, meriaaah! Ada lollipop diatasnya, lalu 1 scoop es krim bubble gum-nya dihiasi topping ceri dan whipped cream dan ditaburi candy sprinkle, lalu dibawah es krimnya ada marshmellow dan cornflakes. Heboh kan? Kids definetely love this kinda ice cream.
Harga segelas ini dibandrol Rp 19.000

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-strawberry-circus
Bubble Gum Circus
And then, yang kedua, pesenan saya nih. 
2. Belgian Waffle Ice Cream
Sok iye bakal bisa ngaabisin satu porsinya banget hahaha, pesen pake yang ada wafflenya wkwkwk. Namanya Belgian Waffle ice cream, berisi 3 scoop ice cream dan waffle. Dibandrol Rp 22.000 saja, Maniak Makan. Yummy kaaan harganya? Nah, untuk rasanya, saya pilih 3 scoop ice creamnya itu cokelat, bubble gum dan kopyor plus ganache cokelat sebagai sausnya. Saya suka es krim cokelatya, klasik. Tapi bubble gum-nya terlalu manis buat saya dan kopyornya kurang berasa malahan kelapanya. Disajikan dengan waffle tipis dan (unfortunately) saya dapet yang agak gosong bawahnya dan agak keras ternyata adonan wafflenya, gak fluffy dan gak empuk layaknya waffle biasanya, dan gak panas wafflenya, apa gak freshly made? Saya lupa nanya.
Jadi, perpaduan antara makan dingin-panas yang saya harapkan gak kejadian nih di adegan makan es krim saya. Harap maklum deh, mungkin dan semoga saya lagi apes aja, guys. Tapi patut kalian ingatkan ke mba waitress-nya supaya hal ini ga kejadian di kalian yah, Maniak Makan :)

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-cream
Belgian Waffle Ice Cream
Sekarang gilirannya Mbai, pesenannya adalah :
3. Red Planet

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-red-planet
Red Planet
Red Planet ini terdiri atas 3 scoop ice cream, yaitu kopyor, strawberry dan anggur. Tapi karena strawberry habis malam itu, jadilah mbai ganti jadi...bubble gum lagi. Entah mengapa kok kita ga pilih rasa lainnya -_-' gak kreatif banget rasa es krim kami malam ini ahahaha.
Dihidangkan dengan wafer dan topping whipped cream dan ceri, dan sausnya pakai saus orange kayaknya. Es Krim anggurnya yummy :) Seger.
Red Planet dibandrol dengan harga Rp 21.000

Nah, ini  dia bermacam-macam varian rasa di Es Krim Tentrem ini. Menurut saya mirip sekali rasa home made ice creamnya dengan yang di Malang, Toko Oen namanya. Klasik, cuma di Es Krim Tentrem, dekorasi lebih modern ya.

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952
Es Krim Tentrem, Solo

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-interior
Interior Es Krim Tentrem, Solo

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-squad
Mbai, Enos & me

maniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-belgian-waffle-ice-creammaniak-makan-es-krim-tentrem-solo-sejak-1952-eksterior
Eksterior Es Krim Tentrem, Solo
Yup, itu dia sedikit review dari saya tentang Es Krim Tentrem, kuliner legend dari kota Solo, semoga selalu bisa bikin inovasi dan perbaikan juga ya, maaf bila ada salah2 kata, saya review sesuai lidah saya sendiri saja, dan pastinya saya akan mampir kembali untuk nyobain 3 varian es krim yang belom bisa saya coba karena waktu lalu not available, see you next time!

Dan, Maniak Makan, jangan lupa untuk kepoin juga dong FB page dan IGnya Maniak Makan yaaa...sampai jumpa di review selanjutnya, masih di kota Solo ya, guys! Jangan bosen duluk, wkwkwk. 
See you, thank you for reading my food blog, GBU!

Hidup es krim enak!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments