Resep Sambel Goreng Ndeso ala Ibu Mertua

Hello, Maniak Makan! 

Apa kabarnya nih? Saya kangen nulis untuk kalian, tapi apa daya, saya masih liburan lebaran belom pulang2, dan gak bawa macbook karena emang niatnya liburan, ga kerja atau blogging sama sekali hehe. Walaupun phone udah smart, wkwkwk, saya jarang banget nulis pake hp. Tapi kebantu banget sih sama teknologi, karena pas momen kayak gini... yaitu pas lagi kangen nulis jadi bisa tersalurkan dan dilakuin langsung, hehe. Ni saya nulis pake salah satu blogger apps yang gampang banget. Abis ngedit foto, masukkin, tulis ceritanya, save&publish deh. Voila! 
Makluuuummmm... Liburan kali ini emang agak lama nih, guys, karena saya kan lagi hamil gede dan mungkin dalam waktu yg agak lama ga bisa ke Solo dulu sampe anak gede dan bisa dibawa-bawa jalan hihi. So, dipuas2in aja waktunya mumpung belom lahiran, alhasil BB jadi nambah disini 😁

Nah, ini dia sih resep yang saya tunggu2 dan saya niatkan untuk nanya dan nyicipin langsung rasanya lewat tangan ibu, karena suami bilang terus kalo dia tuh kangen sama Sambel Goreng Ndesonya Ibu, sedangkan saya belom bisa πŸ˜… wkwkwk. 
Pas banget kemarin Ibu masak ini pas pasar sayur ga banyak buka, katanya, aku cuma dapet tempe thok! Makanya dia buatin ini, resep sederhana dengan bahan dasar tempe ✌🏼walau sederhana tapi rasanya mancaaap! 

Mau tau resepnya gimana? Yuk, aku share sekarang, are you rediiihh, guys? 

RESEP SAMBEL GORENG NDESO ALA IBU MERTUA 
 maniak-makan-resep-sambel-goreng-ndeso-ala-ibu-mertua
Sambel Goreng Ndeso ala Ibu Mertua
Bahan & Bumbu :
- Tempe 2 lonjor, potong memanjang
- Tempe semangit/busuk 1 buah, potong2
- Cabe hijau potong serong panjang
- Cabe rawit merah utuh bila ingin pedas
- Bawang merah 7 siung
- Bawang putih 7siung
- Tomat potong2
- Pete 1 papan
- Salam laos (laos digeprek) 
- Ebi secukupnya
- Santan 1/2 butir
- Garam secukupnya
- Gula Jawa secukupnya
- Mecin/ penyedap bila suka
- Minyak goreng untuk menumis

Cara Memasak :
- Siapkan panci sedang dan panaskan minyak goreng
- Tumis irisan bawang merah, bawang putih dan cabe hijau hingga harum kecokelatan
- Masukkan ebi, salam laos, aduk hingga merata
- Masukkan tempe dan tempe semangit yang sudah dipotong kedalam panci, aduk hingga tercampur merata
- Masukkan pete dan tomat potong, aduk rata
- Tuang perasan santan, aduk2 supaya santan tidak pecah (santan kental dan encer) 
- Bumbui dengan gula jawa, garam, dan mecin dan biarkan mendidih dan matang, masukkan cabe rawit merah utuh 
- Cicipi bumbu kembali, koreksi rasa, dan sajikan bila sudah matang.

Yes, itu diaaa resepnya. Akhirnya bisa masakkin suami nanti kalo dia kepengen ahahaha 😊
Semoga Maniak Makan semua juga bisa coba ya, resep sederhana nan nikmat ini. Cocok bangett deh dimakan pake nasi hangat dan goreng2an, kayak bakwan, ayam goreng, atau empal/paru goreng. Kalo menurut suami saya, makin pedes rasa Sambel Goreng Ndesonya, makin mancaaap.

Silakan... Monggo dicoba ya guys, met masak!
Thanks for reading my food blog, don't forget to follow my Instagram @maniakmakan and like my facebook fan page @maniakmakanid πŸ™πŸ»
Mamaciii... 

Hidup Sambel Goreng Ndesooo!