Resep Orak Arik Telur

Dear Maniak Makan,

Terutama Maniak Makan Muslim dimanapun kalian berada, saya mengucapkan Selamat Berpuasa Ramadhan 1439 H, semoga puasa kita dilancarkan dan diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamiin...
Puasa kali ini sangat spesial buat saya, karena saya sedang mengandung, tepatnya udah mau memasuki weeks ke-23, hampir 6 bulan hamil, jadi saya bener-bener memperhatikan asupan makanan sahur dan berbuka. Insyaa Allah doakan saya bisa menunaikan ibadah puasa tanpa bolong ya, guys! Semoga saya dan baby kuat dan sehat wal'afiat.

Hari ini tanggal 17 Mei 2018, adalah puasa pertama kita di Indonesia. Dan tadi saya sudah berbuka juga bareng suami tercinta. Alhamdulillah kesannya puasa pas hamil masih nyaman karena kegiatan saya juga dibatasi, gak mau capek2. Masak untuk berbuka tadi jam setengah 5, cuma masak sayuran, karena lauk Rendang Padang dan Ayam Ungkep sudah tersedia di kulkas. Eh iya, Ayam Ungkep penting banget guys saat puasa, irit waktu banget jadi tinggal goreng waktu sahur/berbuka, klik aja untuk resepnya ya.

Malam ini saya mau share masakan yang tingkat masaknya easy mode, tapi isinya jangan ditanya, bergizi dan seger. Sederhana aja resepnya, dan saya sebenernya terinspirasi dari Orak Ariknya Pak Dharmo Solo, walaupun ada bumbu mereka yang rahasia (kayaknya kecapnya nih racikan sendiri) sebabnya saya gak pernah bisa sama rasanya kayak mereka huhuhu. Tapi ini OK lah untuk gonta ganti masakan sayuran kalian dirumah selama puasa Ramadhan ini, semoga bermanfaat yah :)

Orak Arik Telur 
maniak-makan-resep-orak-arik-telur-enak-mudah-sederhana
Orak Arik Telur
Bahan : 
- Telur 5 butir, kocok lepas dan masak diorak arik hingga agak overcooked dengan minyak dan mentega. Setelah matang, sisihkan.
- Sawi hijau 2 ikat, cuci bersih dan potong-potong
- Sawi putih 1/2, cuci bersih dan potong-potong
- Wortel 2 buah, cuci, kupas dan potong-potong bulat
- Kol 1/4 buah, cuci dan potong-potong tipis
- Minyak goreng & Mentega
- Kecap Manis secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya/ mecin

Bumbu Halus :
- Bawang putih 5 butir
- Bawang merah 7 butir
- Cabe merah keriting secukupnya, tingkat kepedasan sesuai selera
- Cabe rawit merah secukupnya, tingkat kepedasan sesuai selera
- Air sedikit
Haluskan dengan diuleg/ diblender

Cara Memasak :
- Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng dan mentega
- Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi
- Masukkan sayuran yang keras terlebih dahulu, seperti wortel dan kol, aduk dengan bumbu hingga merata, dan tambahkan air sedikit saja agar sayuran matang
- Masukkan orak arik telur dan sayuran lainnya, aduk hingga merata
- Bumbui dengan garam, penyedap masakan dan kecap manis dan aduk merata
- Tunggu hingga sayuran agak layu dan bumbu meresap kedalam sayuran dan telur orak arik
- Cicip masakan, dan bila sudah OK, angkat dan sajikan hangat

Itu dia Maniak Makan, resep mudah dan sederhana dari saya. Silakan kalo mau coba dirumah, untuk alternatif masakan Sahur atau Berbuka kalian. Gampang bangeeetttt dan bergizi juga endes. Selamat mencoba dan semoga kalian suka ya. 
Dan jangan lupa, masih banyak banget resep-resep enak dari www.maniakmakan.com di menu : RECIPE, lihat dan praktekin aja ya!

Anddd....don't forget to follow our Instagram @maniakmakan dan FB Pagenya @maniakmakanid biar kalian selalu update dan hits di dapur ya kan? Hits juga pas mau makan sesuatu search Maniak Makan dulu, hehehe.
Yaudah, sekian dulu dari saya ya, selamat berpuasa dan menjalankan ibadah sebaik-baiknya di bulan yang suci ini.

Thank you, Maniak Makan!

Hidup Orak Arik Telur!