Resep Nasi Liwet Rice Cooker

Hi guys, Maniak Makan apa kabarnya?

Siapa yang lagi puasa kayak aku? Hehehe, stay strong bro sist, karena lagi jam2 laper dan haus nih, juga aku lagi bingung mau masak buat buka puasa nanti, apa nih sayurannya.
Tapi kayaknya menu yang ini gak perlu masak sayuran sih, lalapan aja sudah cukup, dengan lauk gorengan kayak ayam goreng, tahu tempe, telur, atau cuma sekedar gorengan abang2 udah puas sayah hahaha.

Menu resep kali ini gampang banget, ajaib lagi, masaknya gak repot cuma potong-potong dikit, tumis, masak sendiri. Hah? Mau tau kan?
Sebenernya ini ada banyak cara masaknya sih, cuma yang paling saya suka ya yang kayak begini, terserah kalian suka juga atau enggak (dih gituuu...). Masak Nasi Liwet Sunda pake Rice Cooker dengan bumbu tumis. Ada juga yang seneng gak ditumis dulu, enak juga sih hahaha. Tapi sesuai selera aja deh ya, balik lagi,

Nah, resep ini niscaya mudah buat kalian yang gak ada waktu buat masak buat sahur or buka puasa, karena cuma makan waktu paling 30 menitan dari mulai prep sampe mateng (kalo gak salah ya, soalnya rice cookernya mateng brp lama gak saya itungin sih).

Mari memasak!

Resep Nasi Liwet Sunda Rice Cooker
maniak-makan-resep-nasi-liwet-rice-cooker-sunda-enak-mudah
Resep Nasi Liwet Rice Cooker
Bahan :
1. Beras 1 L
2. Minyak untuk menumis
3. Air untuk masak beras
4. Ikan teri medan/ yang ada aja di tukang sayur, digoreng kering terlebih dahulu, sisihkan

Alat : 
1. Rice Cooker

Bumbu :
1. Bawang Putih 5 siung, iris tipis
2. Bawang Merah 7 siung, iris tipis
3. Lengkuas & Salam, memarkan
4. Sereh 2 batang, memarkan
5. Cabe hijau besar sesuai selera, iris serong
6. Cabe rawit merah jawa, potong tangkainya, biarkan utuh
7. Pete 1-2 keris, sesuai selera
8. Royco/ mecin/ gula, untuk penyedap rasa
Kalo pake gula saja, air untuk beras bisa diganti dengan air kaldu supaya lebih gurih

Cara Memasak :
1. Siapkan beras yang sudah dicuci bersih di dalam rice cooker
2. Siapkan wok, tumis 2 sdm minyak goreng dengan semua bumbu iris, lengkuas salam, sereh, dan pete, kecuali cabe rawit jawa - hingga harum dan agak layu
3. Masukkan tumisan di Rice Cooker, aduk merata dengan beras
4. Masukkan Cabe Rawit jawa ke dalam rice cooker
5. Bumbui dengan penyedap rasa, aduk merata dengan air sesuai takaran rice cooker (saya biasanya 1 ruas jari telunjuk)
6. Masak di rice cooker hingga matang
7. Setelah Nasi Liwet matang, masukkan ikan teri medan yang sudah digoreng, aduk hingga merata dengan Nasi Liwet.
8. Sajikan :)

Naaaaah, gampang banget kaaan?
Iiiih, saya mah doyan makan beginian, rasanya gurih n cocok banget dimakan pake gorengan dan lalapan di depan teras sambil lihat yang ijo2 alias kebun & pepohonan...kayak berasa di mana gitu...hahhaa.
Silakan dicoba ya, Maniak Makan, semoga kalian suka kayak saya.

Eits, kalo kalian ngerasa kurang asin/kurang penyedap rasa, tambahin aja langsung, yang penting aduk merata. Isokey, kadang kita kurang berani bumbu, dan baru ketauan belakangan. Saya juga sering gitu, maklum masih belajar.

Oke, kalo gitu saya mau siap-siap ke tukang sayur depan komplek n masak ah.
Nasi Liwet beres, tinggal belanja lalapan hahaha.
Sip, see you again soon, guys!

Thank you!

Hidup Nasi Liwet Rice Cooker!!