Resep Lodeh Ndeso ala Uti

maniak-makan-resep-sayur-lodeh-ndeso-enak
Lodeh Ndeso
Hai haaai...Maniak Makan!
Ketemu lagi sama si Bumy yang alhamdulillah hamilnya makin geudeee...dan udah hampir masuk 22 weeks, kyaaa! Bismillah doain aku&baby sehat terus ya Maniak Makan. Udah naik 8 kg nih, karena bawaannya makan, jadi masak melulu pulak hehe.
Tapi di kehamilan pertamaku ini, sejujurnya makanku speerti biasa sih ya, cenderung makanan rumahan sukanya, paling kalo pasta, pizza, mie ayam dan jajanan lainnya jarang banget, karena demi baby, aku maunya makan makanan2yang bergizi dulu hehe. 

Nah, ini salah satu masakan yang lumayan sering aku masak selama hamil, karena emang suami doyan banget sama yang namanya Lodeh, dan saya pun suka. Jadi pas banget, isinya sayuran2 yang baik dan bergizi, dan santannya light aja, supaya tetep gak eneg makannya.
Ini resep turun temurun dari Utiku - dan gak tau kenapa tangannya beda sih ya, jadi tetep masih  terasa slightly beda gitu masakanku sama punya Uti, walaupun tetep endeuuus dong kata suamik wkwkwk (muji masakan istrinya sendiri). Tapi resep gak berubah sama sekali.

Yuk, kalian coba masak Lodeh Ndeso ala Uti akuuu...

Lodeh Ndeso ala Uti

Bahan :
- Kelapa 1/2 butir
- Labu Siam 1/2 bulatan, potong dadu sedang
- Kacang Panjang 2 ikat, potong potong
- Terong ungu 2 buah, potong potong
- Tempe semangit 3 jari, potong kecil-kecil
- Pete 1 keris
- Rebon 3 sdm
- Air 2 gelas
- Cabe Hijau + Merah masing-masing 5 buah, iris serong

Bumbu Uleg :
- Bawang merah 8 siung
- Bawang putih 4 siung
- Kemiri 5 butir
- Garam secukupnya
- Bumbu penyedap secukupnya

Bumbu :
- Salam & Lengkuas yang dimemarkan

Cara Memasak :
- Sayuran yang telah dikupas dan dipotong-potong dicuci bersih dan ditaruh didalam sebuah panci sedang
- Tambahkan Bumbu Uleg ke dalam panci tersebut
- Tambahkan Bumbu Salam & Lengkuas kedalamnya
- Lalu masukkan juga tempe semangit, rebon, pete, dan tambahkan air 2 gelas kedalam panci
- Nyalakan api dan masak setengah matang
- Masukkan Cabe hijau & merah dan santan yang tidak terlalu kental kira-kira 5 gelas
- Bumbui dengan garam & bumbu penyedap secukupnya
- Aduk hingga merata dan biarkan mendidih
- Cicipi kembali rasanya, bila sudah OK, angkat dan sajikan

VOILA!
Jadi deh Sayur Lodeh Ndeso yang rasanya juooosss banget. Cocok banget disantap dengan nasi putih hangat, ikan gereh/asin atau Kering Teri Gembira ala mba Uli, atau sekedar tempe dan tahu goreng, pake Ayam Goreng Uti juga  aku sukaaa..ataaauuu...tongkol balado juga enak. aaaahh...gak abis2 rekomendasinya deh. Hahahaha.

Kalian cobain dirumah ya resepnya, cuma sedikit ngulek, banyak motong, dan cemplang-cemplung di panci kok. Easy! Btw, udah tau kan rasanya lodeh yang enak?
Semoga udah ya, jadi pas nyicipin, udah tau standard rasanya wkwkwk.

Selamat mencoba ya guys, semoga bermanfaat.
Thank youuuu for reading and follow my Instagram yaa...@maniakmakan 
See you!