Soto Kwali Karunia

Maniak Makan Soto Daging dimanapun kalian beradaaa...
Yuhuuu...come come come!

Saya punya review tentang Soto Daging Sapi di Solo yang "teksek"nih! "Teksek" means = kamu pasti bakal kenyang dan puas setelah makan di tempat ini. Namanya Soto Kwali Daging Sapi Karunia, letaknya di kawasan Pasar Legi, Solo. Tepatnya didepan sekolah TK Kristen Kalam Kudus, Jl. Letjen S Parman, Setabelan, Banjarsari, Solo. Bukanya sore, jam 17.00-23.30 wib, Maniak Makan. Dan kalo kata Instagramnya, @soto_karunia , ada juga cabang mereka yang buka pagi hari, mulai jam 06.00-15.00 wib yang berlokasi di sebelum palang Balapan ke arah timur 50 m.

Saya termasuk Maniak Makan Soto, guys. Dan saya suka semua jenis soto Solo, mulai dari kuah bening ataupun kuah kuning. Soto Kwali Daging Sapi Karunia ini termasuk jenis soto kuah bening yang rasanya clean & sederhana.
Karena saya baru pertama kali kesini, jadi kami coba makan masing2 seporsi, saya kebetulan sama suami saya, lagi kepengen makan soto buat makan malam sehabis mereparasi kacamata Eastwood di Muara Market, tempat nongkrongnya anak2 Solo yang lagi happening. Teman rekomendasi kesini. Dan saya gak menyangka kalo porsinya gede bangeeettt, hahahaha. Secara saya kan lagi diet :p

Jadilah mari, kita coba habiskan seporsi Soto Kwali Karunia ini, Maniak Makan. Selamat makan!
maniak-makan-soto-kwali-daging-sapi-karunia-tk-kristen-kalam-kudus-solo
Soto Kwali Daging Sapi Karunia, Solo
Semangkuk besar soto kwali di hadapan saya terlihat menggiurkan! Nasi dicampur dengan taoge, irisan daging sapi yang banyak, irisan seledri, bawang goreng, dan diguyur dengan kuah bening soto. Yummy! Setelah dikombinasi dengan perasan jeruk limo, dan sambal yang banyak, juga tambah garam sedikit lagi karena bagi saya kuahnya kurang asin, saya santap Soto Kwali Karunia ini dengan paru kering sebagai lauk tambahan.
Jangan salah Maniak Makan, lauk tambahannya buanyaaak sekali. Ada mulai dari jeroan seperti paru kering dan basah, limpa, kikil, empal, iso, babat, torpedo - hingga tempe garing, telur puyuh dan perkedel juga ada. Disajikan lengkap diatas meja makan berjejer rapih :)
maniak-makan-soto-kwali-daging-sapi-karunia-tk-kristen-kalam-kudus-solo-lauk-tambahan
Jejeran lauk tambahan yang menggoda iman - Soto Kwali Daging Sapi Karunia, Solo
Sekarang penilaian rasa dari si Maniak Makan Soto, wwkwkwk. 
Rasa kuah adalah yang pertama kali saya coba. Kuahnya jernih dan bumbunya sederhana, yang memang merupakan ciri khas dari soto kuah bening ya, tapi saya memang suka yang agak asin, jadi buat saya kuahnya mantap hanya kurang asin sedikit. Lalu setiap komponen didalamnya seperti nasi dan sayurannya oke, fresh dan kriyes2 taogenya. Dan bintang utamanya si daging sapinya bener2 tender tapi tetep punya tekstur daging yang enak! Sambalnya cukup pedas dan cukup serasi dengan si soto kwalinya. So, overall, untuk soto yang punya porsi teksek dan rasanya enak ini, kalian keluarin uang Rp 20.000an ga masalah dong ya...hehehe. 

Total bill saya dengan tambahan lauk pauk memang seharga itu, jadi kami paling hanya Rp 50.000 untuk 2 orang, asyik, makan kemat enak lagi :)
Solo is the best in term of good food & affordable food sih, Maniak Makan. Hahaha, mantap deh pokoknya.

Dan paru garingnya bener2 porsi besaaar...ada sekitar 4-5 potong paru kering yang bisa kalian nikmati di setiap tusuknya, bisa minta tolong dipotong kecil2 agar lebih mudah dicampur ke dalam soto. Tapi bisa juga langsung sikat aja, kayak saya, langsung dr tusuk satenya.

Alhamdulillah yaaa, Maniak Makan. Saya berhasil ngabisin seporsi walaupun dengan susah payah saking banyaknya. Tapi minumnya jadi dikit saking kenyangnya, ahaha.
Well, jadi buat kalian yang memang Maniak Makan Soto, bisa cobain kesini kalo lagi di Solo yah. Rasain sendiri ajah. Juoosss teksek!

Nah, masih banyak lagi Soto2 yang juoooss di kota ini, seperti : Soto Mbok Giyem, lalu ada juga Soto Semarang Pak To, Soto Pak Timbul dan Soto Lamongan Cak Har. Masing2 punya rasa dan keunikan yang berbeda2, tapi semuanya enak!

Jadi, sekian dulu review Soto buat kalian Maniak Makan Soto yang tersayang, semoga bisa mampir dan bermanfaat ya. Jadi destinasi kuliner kalian berikutnya kalo lagi di kota ini.
So, see you around! Jangan lupa cek IG @maniakmakan dan FB page : @maniakmakanid yah, biar makin eksis dunia kuliner kita.

Hidup soto enak!