Nasi Liwet Bu Sri Solo

Hello, Maniak Makan!

Apa kabar semuanya? Waaah, udah lumayan lama saya absen nulis blog, bukan karena gak ada bahan tulisan, tapi karena belom punya waktu buat nulis, alhamdulillah lagi sibuk hehehe. Nah, mulai malam ini sampe seminggu kedepan, insya Allah saya akan rutin nge-post beberapa kuliner enak di Solo, Jogja dan Jakarta yes...

Kebetulan saya baru aja kembali dari kota Solo, ada sedikit urusan disana, jadi bolak-balik 2x dalam 1 bulan ini, yang pertama waktu nemenin suami manggung di Jogjarockarta- mampir Solo beberapa hari sesudahnya, dan 2 minggu kemudian balik lagi kesana. Jadi memberikan saya kesempatan juga untuk sedikit mencicipi kuliner khas dan kuliner hits di kota Bengawan :)

Yang pertama, saya mau buka #maniakmakandisolo dengan makan khasnya, yaitu Nasi Liwet! Yummm...siapa yang suka sama menu khas Solo ini? Saya sih doyan banget. Ada buanyaaak tempat makan Nasi Liwet di kota ini, gak kehitung deh, tapi hampir semuanya enak. Percaya gak percaya sih, cuma emang begitu pengalaman saya. Nah, ini saya mampir di Nasi Liwet Ibu Sri, yang terletak di Pojokan Sami Luwes Slamet Riyadi, bukanya malam hari ya, karena kalo siang harinya Sami Luwes merupakan tempat perbelanjaan yang ramai. Jam segini merupakan saat yang tepat makan Nasi Liwet, hahahaha, pas jamnya laper wkwkwk (awas jadi lupa diet).

Kalo ada yang belum tahu apa sih Nasi Liwet itu? Nasi Liwet adalah makanan khas kota Solo dan merupakan nasi gurih (dimasak dengan kelapa) yang mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam kampung dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Penduduk kota Solo dan sekitarnya biasa memakan nasi liwet setiaaaap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nah, sekian kata Wikipedia. Hehehe.

Waktu itu, saya dan temen2 makan malem dengan menu lauk favorit masing2, suami pake uritan (bakal telur yang enak & empuk banget), saya pake paha ayam, dan ada juga yang memilih memakai telur & ayam suwir saja.
Rasa nasi yang gurih cocok banget dipadukan dengan sayur labu siam plus cabe rawit utuhnya jangan lupa minta bagi kalian maniak pedas, dengan areh dan kuning telur yang khas menjadikan rasa Nasi Liwet sangat khas dan sangat "ngangeni" bagi penikmatnya :) Kayak saya, doyan banget. Ini dia Nasi Liwet Uritan & Paha, maaf fotonya agak gimanaaa gitu, maklum tempatnya remang2 :p
maniak-makan-nasi-liwet-bu-sri-solo-lauk-uritan
Nasi Liwet Uritan - Bu Sri Solo
maniak-makan-nasi-liwet-bu-sri-solo-lauk-paha-ayam
Nasi Liwet Paha Ayam - Bu Sri Solo
Nah, kalo di Solo, kamu bisa mendapatkan seporsi Nasi Liwet dengan harga kisaran Rp 14.000-Rp 17.000, kalo yang lebih mahal juga banyak, terutama untuk daerah turis, biasanya mereka mematok harga lebih tinggi ya, Maniak Makan. 

Itu aja dari saya malam ini, biasanya kalo makan di Nasi Liwet juga ada yang sekalian jualan Cabuk Rambak, silakan dicoba juga, maknyuuus dan unik rasanya :)
Sekian dulu review awal saya, semoga kita bisa ketemu besok dengan menu2 lainnya, yang jelas Maniak Makan harus liat maniakmakan.com dulu sebelum jajan, okeee? Siapa tau nge-pas-in sama menu yang mau kalian santap.

Sampai jumpa di review saya selanjutnya ya, thank you udah mau baca dan share pengalaman kuliner ini, jangan lupa like FB page @maniakmakan dan IG-nya yah!
Selamat malam, Maniak Makan!

Hidup Nasi Liwet!!