Tengkleng Klewer Bu Edi, Solo

Halo Maniak Makan,

Gak terasa liburan lebaran telah usai, saya mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir & batin yaaa...atas segala kesalahan tulis & review yang maniakmakan.com pernah lakukan, semoga Maniak Makan bisa selalu bisa mendapatkan manfaat dari review & resep2 yang saya share selama ini dan seterusnya, Amin!

Gimana liburanmu, Maniak Makan?
Saya sendiri mudik liburan di Solo cukup lama, mulai dari puasa hari-hari terakhir hingga sekarang saya masih di Solo hahaha. Dan liburan kali ini saya membawa banyak oleh2 pengalaman kuliner di Solo lho...
Untuk awalan, saya mau kasih kuliner legend dulu deh. Ke Solo belum lengkap tanpa makan Tengkleng! Dan Tengkleng yang satu ini sungguh harum namanya di kota Solo, yaitu Tengkleng Klewer Bu Edi, yang letaknya dulu persis dibawah Gapuro (gapura) Pasar Klewer, tapi sekarang pindah di Gapuro dalem, gampang kok, kalo nyasar tinggal nanya orang pasar aja, nanti juga ditunjukkin arahnya :)

Saya pesan seporsi Tengkleng yang melegenda nama & rasanya ini tanpa nasi. Biar ndak kekenyangan hehe. Ini dia, mari santap, Maniak Makan!
maniak-makan-tengkleng-gapuro-klewer-bu-edi-solo
Tengkleng Klewer Bu Edi
Nyaaam...enaknya makan Tengkleng siang2, panas2, hehehe. Sambil ngunyah cabe rawitnya juga makin keringetan deh makannya. Sedaaap!
Maniak Makan, Tengkleng itu sebetulnya isinya adalah balungan (tulangan), jeroan & isi kepala kambing! Waksss, tapi walaupun kedengarannya jorok, Tengkleng Klewer gak jorok kok, masak kambingnya pinter - gak berbau sama sekali. 
Konon ceritanya sebetulnya dulunya pas jaman Belanda, Tengkleng itu adalah makanan untuk bedinde alias pembantu, karena isinya adalah sisa2 dari kambing, dagingnya sih dimakan tuannya. Gitu, Maniak Makan...hehehe.

Nah, tengkleng itu rasanya mirip sama gulai kambing kuahnya, gurih dan salty, dan balungan serta jeroan dan isi kepala kambingnya kalian bisa pilih sesuai selera aja, dan makannya pake pincuk daun pisang. Sederhana tapi rasanya luar biasa, jeroannya empuk, dan balungannya cocok buat Maniak Makan yang suka nge-rikiti balungan alias makan pake tangan dan gigitin daging2 ditulangan tersebut (translatenya susaaaah hahaha).

Disini selalu ramai, tapi alhamdulillah kali ini saya kedapetan cepet, gak ngantri lama :)
maniak-makan-tengkleng-gapuro-klewer-bu-edi-solo
Tengkleng Klewer Bu Edi
Nah, buat Maniak Makan yang mau kesini, seporsi Tengkleng harganya Rp 25.000, kalo pake es teh manis tambah Rp 3000 aja. Cocok buat makan siang kamu nih di kota Solo after belanja di Pasar Klewer. Surgaaa buat pecinta masakan kambing.....aku sih yes.

Yuk, silakan coba mampir kesini buat Maniak Makan yang belum pernah makan salah satu masakan khas kota Solo ini. Dan rasakan sensasinya!
See you again, Maniak Makan. Masih dengan makanan dan jajanan dari kota Solo, selama #maniakmakandisolo yah.

Eat well, feel well! 
Hidup Tengkleng enaaak!