Soto Gerabah, Solo

By Maniak Makan - 04:33:00

Hello again, Maniak Makan!

Yuhuuu...
Mau tau gak dinner kedua saya dan sepupu2 after makan Kampung Steak and Blend di review sebelumnya? Perut kami masih kuat nih, maklum, selama belum kena nasi, kami masih kuat makan insya Allah :D hahaha. 
Jadi ceritanya, after makan steak di Jl Soepomo tersebut, kita hanya perlu jalan kaki aja ke tempat ini, karena memang di kawasan jalan ini banyak sekali warung makan hingga restoran terkenal yang berjejer menyajikan banyak varian hidangan spesialnya masing2. So...kalian kalo ke Solo dan mampir ke Jl. Soepomo, tinggal pilih mau makan dimana dan dengan suasana yang seperti apa, Maniak Makan.

Kebetulan saya memang sudah incar warung ini dari beberapa waktu yang lalu, kenapa? Karena pertama, saya fans berat soto. Kedua, suasana warungnya itu lho, menarik banget, nuansa tradisionalnya kelihatan banget dari luar, seems nyaman buat nongkrong, makan dan ngobrol berlama2 disana. Soto Gerabah namanya.

Disini, kita bisa pesan kuliner yang khas kota Solo, seperti Soto Ayam, Timlo hingga Tengkleng. Dan minumannya juga ada yang khas, seperti kunir asam, wedang uwuh, dawet telasih dan beras kencur.
Kami pesan 3 makanan tersebut, dan minumannya apalagi kalo bukan wedang teh, karena saya paling suka teh Solo, dan sepupu saya pesen kunir asam.

1. Soto 
maniak-makan-soto-gerabah-solo-soto-ayam
Soto Ayam - Soto Gerabah Solo
This is not the best soto ayam i've ever tasted, but it's delicious! Disajikan campur dengan nasi putih di mangkok gerabah kecil, soto ayam ini enak dipandang. Setelah diaduk, ada taoge, seledri, suwiran ayam, dan bawang goreng. Makin lengkap dengan kuah yang panas dan sambal yang pedas! Sotonya enak, kuahnya mantap, walaupun saya lebih suka Soto Mbok Giyem, tapi soto gerabah ini punya kelebihan dan keunikan - yap, betul - karena disajikan dengan gerabah dan sendoknya pun dari sendok kayu dengan batok kelapa. Hehehe, eat soto with style in here.
Soto : Rp10.000 | enjoy!

2. Tengkleng
maniak-makan-soto-gerabah-solo-tengkleng-kambing
Tengkleng - Soto Gerabah Solo
Maniak Makan, kalo saya mah pesen ini nih, saya pengen cobain tengkleng di Soto Gerabah. Karena pernahnya makan tengkleng baru 2 tempat, yaitu di Tengkleng Klewer Solo & Tengklengnya Sate Klatak Pak Pong Imogiri - yang super duper enak - saya sangat curious pengen tau rasa tengkleng ditempat lainnya, yang "belom" legendaris lah istilahnya hehehe. Pesanan datang, disajikan sama dengan mangkok gerabah kecil, dan didalamnya ada balungan, babat, dan jeroan2 kambing yang kelihatannya lezat. BENER, Maniak Makan! Tengklengnya enaaaak! Gak nyangka, rasa kuahnya cenderung gurih agak pedas, dan balungan serta jeroannya empuk banget. Selera saya ini mah. Cobain kalo gak percaya, gak kalah sama punyanya Bu Edi Pasar Klewer.
Tengkleng : Rp 20.000

3. Timlo
maniak-makan-soto-gerabah-solo-timlo
Timlo - Soto Gerabah Solo
Nah, ini timlonya Maniak Makan, timlo disini bukan seperti versi Timlo Maestro Solo yang kuahnya khas banget dan sambel kecapnya enak banget, ini Timlo dengan Telur Pindang utuh, dengan potongan sosis, ayam suwir, dan jamur kuping. I'm not really a fans, cuma ini sih masalah selera ya, kalo di lidah saya, timlo Solo ya bukan seperti ini. Ini enak, kuahnya enak, hanya saja kurang menggetarkan jiwa raga, hahaha. Kalo kalian punya pendapat lain dan tetep pengen coba timlonya, isokey. Lumayan kok rasanya :)
Timlo : Rp15.000

Seperti layaknya resto2 yang jualan Soto, pasti ada pelengkap untuk dimakan bersama menu utama tersebut, makanya nih saya fotoin gorengan2 yahuuud dan sate2an asoy, ati2 genduuuttt...hahaha. Ada tempe mendoan, tempe solo (yang enak banget), tahu goreng, sate telor puuh, sate jeroan dll.
maniak-makan-soto-gerabah-solo-makanan-pelengkap
Makanan pelengkap - Soto Gerabah Solo
Dan ini wujud minuman yang kita pesen, Kunir Asam (yang warna kuning) dan teh panas. Lucu bgt Maniak Makan, selain menggunakan gerabah, sedotannya menggunakan sereh, jadi di setiap sedotan minuman, ada rasa rempah yang khas, yummm...
maniak-makan-soto-gerabah-solo-minuman-kunir-asem-teh-panas
Minuman - Soto Gerabah Solo
Sooo...Maniak Makan, saya rekomendasikan Soto Gerabah sebagai tempat makan yang enak, baik untuk makan maupun sekedar nongkrong nyantai sama keluarga atau temen2, dan affordable parah. Interior Jawa dan sederhana, tapi cozy banget :)
Semoga kalian bisa kesini yaa...recommended!
Sampai ketemu di tempat keTIGA kami di malam yang sama ya...besok saya kasih tau dimana, hehehe.
See you!
maniak-makan-soto-gerabah-solo-me-and-cousins
Me & Cousins - Soto Gerabah Solo




  • Share:

You Might Also Like

0 comments