Rawon Kalkulator

By Unknown - 01:08:00

Halooo Maniak Makan!

Halo arek2 Suroboyo dan Maniak Makan semuanya, selamat siang!
Siang hari ini mengingatkan saya sama cuaca di Surabaya waktu lalu, saat saya sama Roxx kesana, Roxx jadi opening act Dragon Force di Surabaya & Malang...cuacanya puanaaas! Hahaha.
Panasnya sungguh membakar dan membara, es teh pun jadi penyejuknya, bergelas2 bro-sist! :)

Saat di Surabaya, saya langsung cari kuliner yang khas kota ini dong ya untuk jadwal makan Roxx sehari2 selain sarapan di hotel...nah, akhirnya malam hari kami mampir ke Rawon Kalkulator yang katanya favorit banget, enak! Okelah, harus dicoba nih, bareng2 kita kesana, makan Rawon. 
Rawon Kalkulator berlokasi di Sentra Taman Bungkul Jl. Raya Darmo, Wonokromo, Surabaya. Buka biasanya jam 11 pagi hingga jam 3 malam! Nah tuh, buat yang abis party atau yang gak bisa bobok cepet, bisa melipir dulu kesini makan rawon.

Kalo Maniak Makan ada yang belum tau apa sih itu Rawon, maka mari kita tanya Wikipedia, hahaha, Rawon yaitu masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Rawon meski dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta), makanya Ibu Mertua saya jago banget masak Rawon...ternyata ini toh sejarahnya..hehe.
Maniak Makan yang mau coba bikin rawon enak banget pake resep ibu mertua saya, bisa klik disini : Resep Rawon Jowo Sambal Setan 

Nah, ini dia rawon saya sudah tiba :) 
Dengan nasi dan rawon dicampur dalam satu piring, daging yang dipotong besar2 dan kuah yang hitam kental dan berbau wangi itu membangkitkan nafsu makan saya.
maniak-makan-rawon-kalkulator-surabaya-taman-bungkul
Rawon Kalkulator, Surabaya
Sejujurnya, Rawon Kalkulator ini porsinya banyak, saya tak sanggup habisin, jadi buat Maniak Makan yang gak bisa makan nasi terlalu banyak, mending note aja ke masnya buat ngurangin nasinya ya :) 
Rawone ojo dikelongi tapine, kui bintange og! (Rawonnya jangan minta dikurangi tapinya, itu justru bintangnya!)
Dan saat dicoba nih, Maniak Makan...rasa rawonnya dahsyat banget! Kuahnya kental dan bumbu dari kluwek dan rempahnya berasa di setiap suapan, dilengkapi dengan taoge pendek dan sambal yang pedas dan cocok banget sama rawonnya, juga dengan aneka macam pelengkap untuk makan rawon seperti gorengan tempe & perkedel, juga kerupuk, rawon kalkulator makin lezat untuk disantap! Daging kisinya, Maniak Makan...empuk luar biasa, cuma bikin saya super kekenyangan hahaha. Pokoknya, enaaak!
maniak-makan-rawon-kalkulator-surabaya-taman-bungkul-perkedel-tempe-goreng
Pelengkap Rawon Kalkulator, Surabaya
Nah, kenapa namanya Rawon Kalkulator...Maniak Makan gak akan tau kalo cuma dateng sendiri, harus datengnya serombongan, karena masnya ngitung pesenan kita cepeeet banget, dan semuanya diomongin, gak pake kertas+pulpen atau pake kalkulator! Kalkulatornya murni otak yang cepet kayak sempoa :p Jadi momen ini saya nikmati sih, pas mbayar pesenan kita rombongan anak metal ber-6 :) Aselik cepet, dan berisik hahaha. 
Saya udah lupa harga Rawon Kalkulator itu berapa, yang jelas kayaknya 20 ribu-an deh, mungkin kisaran Rp 25.000, juooosss kan murahnya? Dagingnya banyak lhooo...apalagi dagiiing yang super gede potongannya.

Nah, saya juga sempet megang centong rawon didepan panci berukuran super jumbo nan panas dan nuang rawonnya ke piring (karena rawon saya kurang kuah, sukanya banjir kuah soalnya), terus difoto sebenernya sama si suami, mana fotonya ya...nanti saya cari dulu deh. 

Sekian dulu cerita saya dari kota Surabaya ini, baru sempet share Rawon Kalkulator, karena kesempatan kulineran di Surabaya sebentar banget, besoknya harus ke kota Malang soalnya. Nah, kalo kamu mampir ke kota Malang, boleh nih mampir kesini > Rawon Nguling , Bakso Malang Afi, atau makan es krim & ngemil roti di Toko Oen :)

Thank you for reading ya, Maniak Makan!
Semoga suka sama review dan ceritaku :* See you soon di scene makanan enak lainnya yooo. 
Have a nice sunny day!

Hidup Rawon enak!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments