Sambal Gledek Pengasinan, Depok

By Maniak Makan - 04:12:00

Halo Maniak Makan,

Gimana puasanya? Lancar kan?
Semoga lancar terus sampai akhir Ramadhan yaaa...Amin!

Saya penasaran nih, biasanya Maniak Makan sukanya berbuka puasanya makan apa sih?
Saya kebetulan mau share ke Maniak Makan yang berada di lingkungan Sawangan, Depok sebuah tempat makan yang jadi favorit saya selama berbuka puasa tahun ini. Saya baru tau kalo disini enak banget makanan & sambal gledeknya. Cocok untuk berbuka puasa, karena nafsu makan langsung timbul begitu rasa sambal yang maknyus itu menempel di lidah pada suapan pertama.

Sebuah warung kecil di depan Alfa Midi Jl. Raya Pengasinan, Sawangan Depok, yang nama tempatnya saya pun kurang ngeh, karena yang nyantol dipikiran saya hanya kalimat Sambal Gledek-nya aja, hahaha. Wah mantap nih buat dicoba, pikir saya waktu itu. Tempatnya kebetulan mudah dicari, karena hanya ada 1 sambal gledek di depan Alfa Midi Pengasinan yang merupakan warung makan sambal gledek + jualan furniture kayu! :p

Konsepnya simple banget, Maniak Makan. Jadi mereka punya 1 meja display makanan yang siap untuk digoreng, seperti ayam (ada semua bagian dari dada hingga kepala ayam), lalu sate jeroan ayam, tahu, tempe, beberapa jenis ikan dan ada juga menu keong yang sudah dibumbui kuah pedas. Ada juga sayur asem dan lalapan segar (bisa pilih, ada terung, selada, dll) sebagai menu pendamping.

Kita langsung pilih saja, dan langsung mereka goreng. 
Pilihan nasi ada 2, nasi putih & nasi uduk. Lalu disajikan dengan taburan bawang goreng, irisan ketimun dan sayurannya biasanya bayam rebus, dan tak lupa sambal gledek yang banyak.
Ini dia pesanan saya, nasi uduk, kepala ayam, sate ampela & jeroan (entah namanya apa pokoknya enak), tahu goreng, dan 1 porsi keong kuah. Mari disantap!

maniak-makan-sambal-gledek-pengasinan-sawangan-depok
Sambal Gledek Pengasinan, Depok
Saya bahagia, Maniak Makan.
Gampang aja bikin saya bahagia, kalo saya ketemu makanan enak dan sambal enak, saya pasti bahagia :)

Sambal Gledek Pengasinan ini berhasil bikin saya happy. Nasi uduknya gurih banget, bumbunya berasa, walaupun selera saya untuk sambal gledek lebih cocok dimakan memakai nasi putih biasa, supaya sambalnya berasa lebih menonjol daripada nasi uduknya. Semua gorengannya, memang diungkep dengan bumbu yang mantap, karena rasanya kayak ayam goreng rumahan ala Uti saya, gurih, tasty dan bumbu meresap dengan baik kedalam ayam, sampe saya telaten banget ngulik kepala ayamnya hahaha, sampe tinggal tulang, Maniak Makan!

Dan keongnya, Maniak Makan! Saya baru pertama makan keong yang dimasak seperti ini, dengan rasa bumbu yang agak pedas, asin dan gurih ini, rasanya seperti kuah kaldu seafood banget emang, dan cara memakan keong yang unik, harus diseruput (tapi hati2 ada cangkang tipisnya jangan sampai tertelan) bikin eating experience yang cukup seru disini. Keong selalu punya rasa unik, kenyal cenderung pahit, tapi enak! Ini jadi salah satu cara masak keong yang saya suka, selain keong bumbu pedas yang dibakar yang biasanya kita temui di angkringan2, favorit banget!

Dan yang paling amazed saat bayar, makan berdua gak sampe Rp 40.000! Kalo gak salah inget, harga sate2an itu Rp 2500/ tusuk, ayam/kepala ayamnya saya lupa harganya, seporsi keong Rp 5000, dan minuman Rp 4000 kira2. Mungkin nasinya juga kisaran Rp 3000-4000 saja.
Pokoknya juooosss....makanan enak yang murah, saya makin suka hehe.

Maniak Makan yang mau coba, silakan dateng aja ke daerah Pengasinan, Sawangan Depok ya, semoga suka juga sama menu2nya sama seperti saya & suami.
Semoga reviewnya bermanfaat, dan sampai ketemu di review2 selanjutnya.

Terima kasih Maniak Makan!

Hidup Sambal Gledek enak!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments