Sate Klatak Pak Pong, Imogiri

Selamat siang, Maniak Makan!

Siang yang cerah, secerah hari saya saat jalan2 ke Imogiri, Jogjakarta beberapa waktu yang lalu.
Saya mau bahas sama Maniak Makan tentang sate yang terkenal banget di daerah Imogiri ini, hayooo Maniak Makan coba tebak....

Yup, betul sekali tebakannya, Sate Klatak!
Sate Klatak ini memang digemari dan dicari-cari oleh wisatawan yang berkunjung ke Imogiri. Seperti saya...yang belom pernah nyobain makan Sate Klatak, penasaran banget!
Saya dan mama saya diantarkan oleh Pak Ananto ke Sate Klatak yang paling hits di Imogiri, yaitu Sate Klatak Pak Pong, Maniak Makan!
Konon katanya, sate klatak Pak Pong kudu-wajib-harus dicobain, akhirnya kesampean jugaaaa...mari makan kambiiiing biar kuat!

Buat Maniak Makan yang belum tau, apa sih bedanya Sate Klatak dengan sate kambing lainnya? Jadi, sate klatak itu adalah sate daging kambing muda dengan ukuran potongan yang lebih besar dari sate kambing biasanya, yang ditusukkan dengan jeruji sepeda, bukan dengan bambu gepeng seperti sate kambing biasa...Gitu, Maniak Makan. Daaaan, kenapa disebut "Klatak", karena sate ini hanya dibumbui dengan garam saja, saat dibakar, berbunyi...klatak, klatak, klatak - suara dari bongkahan garamnya yang jatuh ke dalam bara api. Dan sate klatak disajikan tidak dengan bumbu kecap, tetapi murni hanya dibumbui garam dengan kuah gule kambing sebagai pelengkap. Waaaah, juooosss deh pokoknyaa!

Kami pesan Sate Klatak 3 porsi, tengkleng 1 porsi dan nasi putih untuk semuanya. Pesanan kami sudah tiba, mari sikaaaat!
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta-seporsi-sateklatak
Sate Klatak Pak Pong, Imogiri
Begini ini penyajiannya sebelum saya taruh satenya diatas nasi putih, Maniak Makan! Acar bawang dan cabenya beserta kecap mereka pisah bila kamu ingin menikmati rasa murni Sate Klataknya :)
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta-seporsi-sateklatak-dengan-kuah-gule-kambing
Sate Klatak dengan pelengkap Kuah Gule Kambing
Tau gak sih, Maniak Makan?
Ssaya sukaaaa dan doyaaaan banget sama rasa Sate Klatak ini...!!! FIX!
Kyaaa, rasanya gurih dan bumbu garamnya sederhana tapi nikmat, sama sekali tidak ada bau amis yang tercium, harumnya panggangan yang sempurna. Dagingnya empuuuk dan teksturnya terasa, bikin makan kita makin lahap dengan menyeruput kuah gule kambingnya, supaya gak seret juga, Maniak Makan, hahaha.
Saya sudah cukup kenyang dengan seporsi Sate Klatak, yang harganya adalah Rp 20.000, karena potongan dagingnya besaaar-besaaarrr...puas dan bikin kenyang deh pokoknya...Liat aja niiih, preparation mereka untuk pelanggannya :)
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta-potongan-daging-kambing-sateklatak
Potongan daging Sate Klatak - Pak Pong, Imogiri Jogjakarta
Dan saya juga mendengar lansung bunyi fenomenal 'klatak,kletek, klatak" dari proses pembakaran Sate Klatak, wuiii....sedap baunyaaaa...jadi kepengen nambah (upppsss, inget peruuuuttt).
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta-proses-pembakaran-daging-kambing-sateklatak
Proses pembakaran Sate Klatak
Masih ada menu yang harus kami santap, TENGKLENG kambing!
Dan akhirnya saya mencoba tengkleng enak dan super lezat (walaupun tengkleng jogja cenderung agak manis dan kuahnya kental, beda dengan tengkleng Solo), ala Pak Pong, Imogiri :)
ENDEUUUUSSSS...dahsyat dan saya siap menggerogoti tulang2 yang lezat ini. Nyaaam.
Seporsi kalo ga salah harganya Rp 25.000 saja (semoga bener, lupaaa)
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta-tengkleng-kambing
Tengkleng Kambing Pak Pong, Imogiri Jogjakarta
Begini proses pembuatan tengkleng kambingnya, guys! Asyik, open kitchen nih, fenomenal!
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta-proses-pembuatan-tengkleng-kambing
Proses Pembuatan Tengkleng Kambing Pak Pong, Imogiri
Bener2 seneng banget bisa mampir kesini pas #maniakmakandijogja ! Jalan2nya puas, kulinerannya sukses! Cheers buat Sate Klatak & Tengkleng Pak Pong!
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta
Enjoying Sate Klatak Pak Pong with mom & Pak Ananto
maniak-makan-sate-klatak-pak-pong-imogiri-jogjakarta
Abis kenyang dan puas, joged duluuu :)
Kalo Maniak Makan mau liat jalan2 seru saya di kota Jogja, bisa coba klik link ini, kalian bisa cobain gelato enak di Tempo Gelato atau makan Soto Banjar di Kindai. Go check them out too.
Dan saya masih punya 1 destinasi kuliner lagi di kota Jogja, tapi nanti...tunggu ya!
Sekian dulu review saya tentang Sate Klatak Pak Pong, makasih banyak sudah membaca dan semoga kalian bisa mampir kesana someday (kalo belom pernah), sayapun menantikan untuk kesana lagi makan sate klathak dan tengkleng yang fenomenal ituuuuuhhh...nyam nyam!

Sampai jumpa di review selanjutnya yes, Maniak Makan! 
Take care!

Hidup Sate Klatak!!!