Mie Ratu Kalimantan Pasar Ampera

03:23:00
Hey hooo, Maniak Makan!

Kalo ngomongin tentang mie ayam, saya pasti langsung excited. Kalo kalian?
Maklum, Maniak Makan...saya doyan banget sih sama jajanan ini, dari segala jenis rupa mie ayam pun akan saya coba kalo sudah ada rekomendasi mie ayam yang enak dari keluarga, atau temen2.
Nah, bagi kalian yang tinggal di daerah sekitaran Rawamangun, mungkin udah tau kelezatan dari Mie ayam yang akan saya bahas sore ini.
Letaknya di Pasar Ampera, Kampung Ambon, Jakarta Timur.

Saya kebetulan lagi nganterin suami latihan band di daerah Utan Kayu, dan ternyata habis mereka latihan, saya pun jadi lapar karena sudah masuk jam makan siang juga sih. Hahaha.
Dan, ada temen yang tinggal di daerah sana bilang bahwa ada mie ayam yang mantap punya, wuiih langsung kita setuju untuk kesana setelah latihan band usai! Semangaaaattt...

Langsung menuju TKP.
Letaknya bener2 deket dengan Pasar Ampera, hanya bukan di dalam pasarnya yah, Maniak Makan, tetapi di jalanan sekitaran sana, pokoknya kalo kalian tanya ke orang2 pasti pada tau deh Mie ayam ini, namanya Mie Ratu Kalimantan, biasa disebut saja Mie Kalimantan.
Tempatnya seadanya, hanya ada 3 meja dan beberapa kursi panjang, dan cenderung sederhana pake banget. Tapi, tangannya si chef dan racikannya bikin kita ga terlalu peduli sama tempatnya.
Soalnya bayangin aja ya bok, udah 30 tahun si om jualan Mie Kalimantan ini, ga pernah pindah tempat, dan udah dikenal banget deh karena rasanya yang maknyuus!

Mari kita coba yuk, Maniak Makan. Jadi penasaran nih.
Kami pesan Mie Ayam komplit untuk saya, suami pesen Kwetiaw goreng, dan kita juga pesan Pangsit Kuah & Es Susu Kedelai! uuuwww...ga sabar deh, laper nih.

Akhirnya setelah menunggu sekitar 20 menit-an, karena siang itu cukup banyak yang pesen take away, jadilah menu2 pesanan kita! Horaaay, makaaan!
Ini dia Maniak Makan, Mie Ayam komplit pesanan saya. Menggiurkaaaan dan porsinya dahsyattt!
maniak-makan-mie-ratu-kalimantan-pasar-ampera-kampung-ambon-mie-ayam-komplit
Mie Ayam Komplit - Mie Ratu Kalimantan
Maniak Makaaan...mie ayam komplit ini adalah mie kalimantan, dengan isi 2 pangsit rebus, ayam cincang, daun bawang, taoge, dan mie buatan sendiri. Lalu di mangkuk terpisah ada kuah panas mendidih (uuuw, i love this, panaas!) yang berisi bakso 2 buah dan potongan daun bawang.
Yuk kita bumbui pake sambel yang pedesnya mantap banget deh Maniak Makan, seriusan.
maniak-makan-mie-ratu-kalimantan-pasar-ampera-kampung-ambon-mie-ayam-komplit
Mie Ayam Komplit
Diaduk2 sambal dan bumbu racikannya dulu sampai rata, Maniak Makan. Dan mari santap!
Mienya keriting kecil, halus teksturnya, dan pastinya fresh karena selalu dibuat setiap hari. Dan bumbu racikannya menggunakan minyak ayam yang bikin rasa mienya gurih dan nikmat! Semua unsur pendukungnya mulai dari ayam cincangnya, manis dan gurih. Lalu taoge bikin rasanya makin unik, karena jarang2 saya makan mie ayam pakai taoge. Lalu pangsitnya sungguh empuk, rasa gurih isian ayamnya bikin ketagihan. Untung kita pesen pangsit kuah juga nih, Maniak Makan, jadi bisa nambah! Hehehe.
Dan sambelnya cocok banget sama rasa mienya, pedassss, saya suka.
Recommended banget mie ayam komplitnya. Harganya sesuai banget sama kelezatannya kok, Maniak Makan. Dengan Rp 23.000 kalian sudah sangat kenyang dan puas.
maniak-makan-mie-ratu-kalimantan-pasar-ampera-kampung-ambon-pangsit-kuah
Pangsit Kuah - Mie Ratu Kalimantan
Kalo gambar diatas ini, adalah Pangsit Kuah.
Kalo kata temen suami saya, gitaris baik hati yang sedang cari pacar, sebutlah namanya X (halah), ini adalah salah satu pangsit terenak di Jakarta. What a statement. 
Cobain makanya, Maniak Makan. Cerita tentang pangsit diatas pasti bikin kamu kepengen kaaan? Hayooo...ngakuuu...hohoho.

Lalu ini pesenan suami saya, Kwetiaw Goreng! 
Porsinya...jangan ditanya Maniak Makan. Besar! Walaupun konon kata temen saya, kalo mie goreng atau nasi goreng porsinya lebih banyak lagi....wow!
Ini menurut saya, adalah salah satu kwetiaw terenak se-Jakarta juga. Karena saya doyan banget sama kwetiaw dan sudah banyak lah cicip2 makanan ini, dan kwetiaw goreng ini....rasanya pecah banget, Maniak Makan.
Saya kurang tau racikan minyak apa yang bisa bikin rasanya unik dan bikin kita pengen suap dan makan terus. Mungkin pake angciu dan minyak ayam yah...tapi ga tau juga sih, yang jelas ini ENAK!
Harga seporsi hanya Rp 24.000 saja.
maniak-makan-mie-ratu-kalimantan-pasar-ampera-kampung-ambon-kwetiaw-goreng
Kwetiaw Goreng - Mie Ratu Kalimantan
Setelah makan, biasanya minum es teh manis atau aqua, saya sih mau coba es susu kedelainya, Maniak Makan. Biar lucu aja, hahaha. Enggak sih, soalnya kata temen saya susu kedelainya enak, dan ternyataaaa.... emang enak.
Harga Rp 4000 saja segelas, dan kalo saya ga kenyang pasti saya nambah :p
maniak-makan-mie-ratu-kalimantan-pasar-ampera-kampung-ambon-es-susu-kedelai
Es Susu Kedelai - Mie Ratu Kalimantan
Aduuuh, seneng banget deh punya rekomendasi jajanan Mie Ayam baru buat kalian, Maniak Makan.
Saya pun seneng, soalnya jadi ada yang dicari dan dikangenin kalo mampir ke daerah Kampung Ambon lagi, ya ini...Mie Ratu Kalimantan.
Semoga sharing saya sore ini bermanfaat dan kalian bisa coba dan suka juga kayak saya dan temen2 ya.

Buat kalian pecinta kuliner Mie Ayam, ada rekomendasi Mie Ayam endeeeus banget dari Maniak Makan, seperti : Mie 2 Naga di Solo, Rekomendasi mie ayam terenak di Benhil, dan Mie Ayam Kumis di Hang Lekir.
Semuanya sedap.

Sampai jumpa di review selanjutnya ya, Maniak Makan.
Jangan lupa follow IGnya www.instagram.com/maniakmakan dan FB pagenya www.facebook.com/maniakmakanid.
Makasiiiih...

Hidup Mie Kalimantan!

Resep Pesmol Ikan Patin ala Uti

02:43:00
Selamat sore, Maniak Makan.

Hari hujan begini enaknya emang makan. Ya kan?
Hahaha, demi hujan yang ga berhenti dari tadi siang di Depok, saya meyiapkan satu masakan yang enak banget buat dimakan di hari hujan.
Masakan berkuah dan pedes, dan cocok dimakan dengan nasi hangat.

Saya mau share ke Maniak Makan semua resep dari Uti saya, yang super duper endeeeus.
Yaitu resep Pesmol Ikan Patin, Maniak Makan.

Pesmol seperti yang kalian sudah tau pastinya, adalah masakan asli Indonesia, yang biasanya bahan untuk dibumbu pesmol adalah jenis ikan. Pesmol ini adalah bumbu kuah kuning yang rasanya gurih, pedas, dan unik. Jenis ikannya boleh apa saja, Maniak Makan. Yang cocok biasanya adalah ikan patin, gurame, mas, kembung, dan ikan Nila.
Yuk, mau tau resep uti saya?

Mariii memasak!

Bahan :

1. Ikan Patin 2 ekor, bersihkan dan diamkan sekitar 30 menit dengan campuran garam dan air jeruk nipis. Lalu cuci bersih dan tiriskan.
2. Goreng ikan hingga matang dengan minyak goreng, tiriskan
3. Air untuk tumisan

Bumbu Halus :

1. Cabe merah keriting dan cabe merah besar, sedikit cabe rawit merah 1-2 ons (kalau suka pedas bisa lebih banyak lagi takarannya)
2. Bawang putih 6 siung
3. Bawang merah 10 siung
4. Kemiri 4 butir
5. Jahe 3 cm
6. Kunyit 3 cm
7. Garam 1 sdt/ secukupnya
8. Mecin jika suka/ gula sebagai pengganti mecin
9. Minyak goreng

Blender semua bumbu hingga halus dengan miyak goreng.

Bumbu geprek :

1. Daun Salam 2 lembar 
2. Laos/ lengkuas 3 cm, geprek
2. Sereh 2 batang, geprek

Cara memasak :

1. Siapkan wok
2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
3. Masukkan semua bumbu geprek, aduk2 hingga harum 
4. Tambahkan air dan biarkan mendidih dan air sedikit asat 
5. Cicip tumisan bumbu, kalau kurang garam/mecin/gula, tambahkan
6. Kecilkan api, dan biarkan kuah bumbu sedikit asat kembali.
7. Masukkan ikan patin yang sudah digoreng, aduk2 hingga bumbu merata
8. Didihkan dengan api kecil pesmol tersebut hingga bumbu cukup menyerap kedalam ikan, 10 menit, angkat dan sajikan.

Voila!
Ini dia Pesmol Ikan Patin resep Uti saya.
Nyam, nyam, siap disantaaap!

maniak-makan-resep-pesmol-ikan-patin-ala-uti
Pesmol Ikan Patin ala Uti
Selamat mencoba resepnya dirumah ya, Maniak Makan.
Semoga resep kali ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan dengan sempurna.
Untuk mengetahui resep2 lainnya dari www.maniakmakan.com, terutama resep-resep ala Uti saya yang seafood, bisa coba cek resep ini nih : Blado Udang ala Uti dan Resep Cumi-cumi basah ala Uti.
Klik aja langsung resep link diatas ya, Maniak Makan!

Semoga suka resep2 Uti saya yang udah turun temurun dan terjamin rasanya selama puluhan tahun :)
Terima kasih sudah setia membaca blog saya, maturnuwun.
Sampai jumpa di ulasan makanan dan resep2 masakan dari Maniak Makan berikutnya ya!

Hidup Pesmol enak!

My Fave : Burgers!

21:35:00
Hai Maniak Makan,

Apa kabaaaaaar?
Saya udah lama banget ga nulis buat kalian ya, dan sekalinya nulis, saya mau mengulas tentang junk food favorit saya, yaitu burger! 
Hahahha, sekali2 makan junk food gapapa kok, Maniak Makan. Sebulan sekali paling enggak, dan selebihnya, mendingan makan yang sehat2, sayuran dan buah2an. Biar sehat, kuat dan yang jelas juga bikin hati senang karena bisa berhemat.

Tapi entah kenapa, ada hubungan khusus antara saya dengan burger, saya ga nyangka juga kalo saya suka dengan rasanya dan bumbunya. Mungkin kebiasaan ya, karena saya lahir di zaman dimana anak2 biasa jalan2 di mall, makan makanan siap saji bersama keluarga dan bermain juga sekaligus disana.
Jadi bisa dibilang junk food favorit saya ya burger. Anykind of them. Tapi ada beberapa yang 'nyantol' di hati saya. Karena keunikan rasanya pastinya, dan ada salah satu menu dibawah yang saya sudah makan semenjak kecil dan sampai sekarang pun masih sama rasanya.
It's amazing. 

Langsung mulai aja yah.
Oya, FYI, saya disini mengulas burger favorit saya aja ya, Maniak Makan. Dan pasti masih banyak lagi burger yang enak2 selain yang ada di ulasan saya berikut ini, dan saya akan tambahkan list kesukaan saya di post ini nantinya.
Keep open mind, Maniak Makan, dan boleh jugak kalo Maniak Makan punya rekomendasi burger kesukaan dan kasih comment di post ini yah.

1. Big Mac - McDonald

Ini dia burger kesukaan saya sepanjang masa, Maniak Makan.
Walaupun ada burger2 lain dari banyak banget fast food, saya selalu suka yang ini.
Rasanya, bumbunya, pattynya, pickelnya, bikin saya jatuh cinta!

Saya berusaha banget ga sering2 makan ini, jujur aja, nanti saya genduuuttt, ahahaha. Karena saking doyannya, saya bisa lho makan ini tiap hari. Tapi saya sadar banget kalau itu tak mungkiiiiinnn...halah. Karena seenak apapun, Big Mac is still junk food. And over eating it is very dangerous.

Big Mac ini seperti yang kalian tau, terdiri atas Big Mac bun yang empuk dan ada wijennya, lalu 100% beef patty yang kadang juicy, kadang kering juga sih-tergantung McDnya, shredded lettuce, Big Mac sauce yang tiada duanya di dunia ini (leeebaaay), cheese (yang kadang melted-nya bagus kadang enggak tapi tetep enak), onions, dan pickle slices yang bikin nagih banget. Saya selalu extra pickle setiap pesan, karena picklenya Mcd itu juara.

Tapi overall, Big Mac adalah sebongkah burger yang enaknya luar biasa, porsinya besar dan mengenyangkan, dan selalu bikin saya senang. That's it. Harganya? Paket hemat 1 & extra pickels hanya Rp 45.000 saja. Mantep kan?
Let's eat this monster, Maniak Makan!

maniak-makan-my-fave-burger-bigmac-mcdonald-mcd
Big Mac - McDonald
2. Mushroom & Swiss Burger - Hard Rock Cafe Jakarta

maniak-makan-my-fave-burger-mushroom-and-swiss-burger-hardrock-cafe-jakarta
Mushroom & Swiss Burgers - Hard Rock Cafe Jakarta
Semua varian burger di Hard Rock Cafe menurut saya reco banget.
Tapi saya jatuh cinta sama burger yang satu ini, karena menurut saya...beef patty, mushroom dan keju itu sudah cukup untuk jadi perpaduan yang sempurna untuk sebuah burger yang enak.
Nah, burger iniiii....namanya Mushroom & Swiss Burger, menawarkan kenikmatan besar yang bisa kalian terima sebagai penikmat burger enak.

Beef pattynya, yang terdiri dari campuran bagian brisket dan prime ribs, besar banget takarannya, half pound lho, Maniak Makan! Kebayang kan harus buka mulut kalian segede apa? Ahahaha, makanya kita disediain fork&knife buat makan burger ini supaya ga berantakan.
Beef pattynya perfect banget, medium well grilled-soooo juicy & tender-dan pastinya, well seasoned.
Lalu, sauteed mushroomnya juara, gurih dan rasanya jamurnya aslinya keluar, ditambah sama swiss cheese, yang melted sempurna, rasanya gurih dan salty.
Dan kalo di burger ini, saya sukanya ada campuran khas Indonesia, seperti lettuce, red onion & tomato sliced. Bikin rasanya tetep Indonesia, hahaha.
French friesnya juga juara, crispy & salty, cocok.

Harganya lumayan juga sih, Maniak Makan. Emang cocok sama kasta nongkrongnya, kelezatan burgernya, bisa nongkrong sambil dengerin band juga, dan porsi besarnya.
Dengan kocek kira2 Rp 150.000 kamu udah bisa dapetin burger ini dan segelas besar es lychee tea.
Boleh laaah.
Sikaaat!

Sekian dulu ya, sharing saya tentang burger favorit saya.
Nanti, kalo ada tambahan lagi, saya akan posting di post ini lagi pastinya, Maniak Makan.
Dan buat kalian yang mau kasih saya rekomendasi burger enak kesukaan kalian, silakan comment di post yah.
Thank you, and keep healthy, Maniak Makan!

Hidup burger enak!