Ayam Penyet Kumis Benhil

Selamat sore, Maniak Makan!

Aduuh, kangennya nulis untuk kalian semua.
Maaf ya, udah lama banget saya ga nge-review. Bukannya apa2, kerjaan lagi banyak banget, alhamdulillah sih hehehe.
Jadi waktu untuk kulineran ataupun memasak di rumah pun otomatis berkurang.

Tapi hari ini, di sore hari yang nyaman ini sehabis hujan, saya jadi kangen makan yang pedas2. Yang bikin perut panas. Hahaha.
Saya mau kenalin ke Maniak Makan sebuah tempat sederhana yang ayam penyetnya juara di Benhil. Tepatnya lokasi street food ini tepat di pertigaan Pasar Benhil menuju ke RS Mintoharjo, patokannya 711 Benhil, persis di seberangnya. Itu dia, sebuah tenda makanan yang ramai penggemarnya, Ayam Penyet Kumis! Mereka buka mulai jam 6 sore hingga jam 12 malam setiap hari.

Disini, kalian bisa makan penyetan ayam, lele, juga tempe & tahu. Menu memang hanya khusus itu saja, karena andalan mereka sebenarnya adalah racikan sambalnya. Uuuuw...racikannya super!

Saya selalu pesan sambel pedas. Karena Maniak Makan tau kan seberapa suka saya sama pedas? ;p
Seperti ini nih tampilannya! Menggugah selera makan banget kan? Apa jadi mules takut kepedesan? Hahaha...
Sambalnya ini khas banget lho Maniak Makan, nanti dibawah saya akan kasihtau resep sambalnya langsung dari orangnya, mas yang baik hati asal Lamongan. Resep sambalnya mudah banget, tapi yang membedakan yaitu tangan dan goyang ulegannya kali yaaa...bikin sambalnya itu yummy dan pas banget sama rasa ayam gorengnya, Maniak Makan! Juoooss!

maniak-makan-ayam-penyet-kumis-benhil-sambal-pedas
Ayam Penyet Kumis - Sambal Pedas
Jangan takut kepedasan, Maniak Makan. Karena seperti yang sudah saya bilang, kalo kalian disini bisa pesan sambal dengan tingkat kepedasan yang berbeda2, tergantung request! Kalian yang suka sedikit pedas atau ga suka pedas sama sekali juga bisa kesini rame2.

Nah, suami saya sukanya pesan sambal agak pedas. Takaran cabe rawit merahnya dikurangi dan rasanya lebih manis. Seperti ini tampilannya. 
Mereka sajikan dengan cobek tanah liat yang sambelnya langsung diuleg di masing2 cobeknya.
Dan lauk kamu juga bisa ga dipenyet, tergantung request deh pokoknya.

maniak-makan-ayam-penyet-kumis-benhil-sambal-agak-pedas
Ayam Penyet Kumis - Sambal agak pedas
Ini suasana sederhana Ayam Penyet Kumis di Benhil, kaki lima yang rasanya top deh. Harganya juga terjangkau, per porsi ayam penyet 15 ribu rupiah, dan tahu/tempe tambah 2000 saja, minuman pun kalo pesan es teh hanya 3000.
Enak, murah dan puas. Recoomended!

maniak-makan-ayam-penyet-kumis-benhil
Suasana Ayam Penyet Kumis Benhil
maniak-makan-ayam-penyet-kumis-benhil-meja-uleg-sambal
Meja uleg
Ini dia nih yang ditunggu2, proses bikin sambal pedas nan enak dan gurih ala Ayam Penyet Kumis Benhil. Sebenarnya mudah banget, Maniak Makan, untuk per porsi hanya siapkan cabe rawit merah, kemiri goreng 1 buah, garam, merica, dan tomat. Tomatnya dimasukkan terakhir menentukan basah dan tidaknya sambal. Udah deh, seporsi sambal impian jadi :)

maniak-makan-ayam-penyet-kumis-benhil-proses-uleg-sambal
Proses uleg sambal di Ayam Penyet Kumis Benhil
Di Ayam Penyet Kumis, kalo kalian makan ditempat, sambal kalian akan diuleg fresh langsung sesuai selera. Tetapi kalo kalian take away, sambal sudah disiapkan. Mulai dari sambal yang pedas dan agak pedas.
Sambal siap dibungkus bila ada pesanan yang datang!

maniak-makan-ayam-penyet-kumis-benhil-sambal-take-away
Sambal untuk take away
Nah, selesai sudah ulasan saya tentang Ayam Penyet Kumis Benhil.
Banyak lho tulisan dan rekomendasi saya tentang makanan2 enak di Benhil. Benhil adalah salah satu surga makanan enak di Jakarta Pusat, Maniak Makan! Buat kalian yang sedang main ke daerah ini, bisa coba beberapa kuliner enak seperti : sarapan enak di Nasi Uduk Abi, take away makan siang di 2 tempat mie ayam terenak se-Benhil, makan siang/sore segar di Sotomie Sarodja atau menikmati makan malam lezat di Bumen Jaya, yang terkenal banget mie godog & nasi goreng ayamnya.
Cobain deh!

Makasih banyak yah udah membaca review saya, Maniak Makan. Semoga cocok dengan lidah dan perut kalian semua. Because sharing goodness is caring.
Thank you, Maniak Makan! Sampai jumpa di review2 berikutnya!

Bye bye!
Hidup Ayam Penyet Kumis!