Gultik Pak Kumis Bulungan, Blok M

By Austin Utammy - 09:30:00

Hai, Maniak Makan!

Selamat malam, saatnya kita supper alias makan malam!
Hehehhee, jangan takut gendut, Maniak Makan, kita harus nikmati hidup dengan makan makanan yang enak, eh tapiii, diatur porsinya ya, supaya ga sakit, kekenyangan, atau yang ga enak-ga enak lainnya.

Hmm, tapi emang makanan yang mau saya bahas kali ini emang bisa bikin makan kita kalap sampe terkadang seharusnya 1 porsi sudah cukup, jadi nambah 2 atau 3...Ups, kalo saya sih pernahnya cuma nambah 1x yaaa...siapa yang sanggup 3 atau lebih itu biasanya suami atau alm. Krisna Sadrach :p
Mas Krisna, you will be missed, rest in peace yah #al-Fatihah

Malam ini saya mau review tentang street food enak yang hits dan udah lamaaa banget ada di kawasan Blok M, Bulungan...pasti kalian udah tau banget dan mungkin sudah pernah makan, atau sering makan seperti saya, Maniak Makan, bahkan doyan dan sering kangen makan ini. Maklum, rasanya ngangenin sih.

Yak, betuuuul.
Gultik Bulungan!
Gultik yang adalah singkatan dari Gule Tikungan ini buaaanyaak banget berjejer di kawasan Blok M. Rasanyaaa...hm, saya udah pernah mencoba beberapa sih, memang ada yang enak banget, enak aja, sampe yang gak enak. Eiiits, hati2 Maniak Makan, ini bukan provokasi lho, tapi saya paling suka Gultik yang satu ini, yaitu Gultik Pak Kumis!

Letaknya persis di deretan paling pinggir persis di seberang Seven Eleven Bulungan, nyerempet dengan Blok M Plaza alias bener2 persis juga dibelakang pagarnya. Yang jualan sekarang biasanya ponakannya kayaknya, soalnya Pak Kumis yang gampang dikenalin lewat kumis legend-nya yang lebat dan hitam itu ga setiap hari datang. Kalo datang pasti malem.
Orangnya asyik, sering banget becanda ala wong Jowo dengan menggunakan singkatan2 yang dia bikin sendiri istilah2nya, yang paling saya inget sih KKN (kalo kurang nambah). Gyahahhaa, old skooolll tapi geli juga sih dengernya, Maniak Makan.

Ini dia Gultik Pak Kumis Bulungan. Ini foto belum dikasih bumbu pelengkap (sambal, bawang goreng dan perasan jeruk) dan kerupuk. Saya selalu minta kerupuknya dipisah soalnya, Maniak Makan, mohon maklum yah hhihihi.

maniak-makan-gultik-pak-kumis-bulungan-blok-m-plaza-jakarta
Gultik Pak Kumis Bulungan
Gultik ini sama seperti gule2 dengan kuah santan lainnya, tapi ini istimewa karena harganya terjangkau sekali, Maniak Makan. Seporsi hanya Rp 10.000 saja, dengan isian potongan daging dan jeroan sapi. Kalo kalian mau pesen daging aja bisa dipilihkan kok sama Pak Kumis :)
Dan kalo kalian mau juga pake tambahan tempe atau tahu bisa juga...hanya tambah Rp 1000 atau Rp 2000 saja kalo ga salah. Saya jarang sih pake tempe atau tahunya, karena jujur aja Maniak Makan, cita rasanya jadi beda, hehe, menurut saya lho ini.

Gultik Pak Kumis beda rasanya dengan Gultik2 yang lain, enak banget karena rasanya light, ringan banget kuah santannya, rasanya ga mahteh, jadi rasa2nya bisa nambah berkali2 kalo perut kalian memang masih muat. Gurih kuahnya, empuk dagingnya dan gak berbau (karena ada beberapa gerobak gultik yang dagingnya masih smelly, ugh). 
Lalu sambelnya juaraaaak! Pedes banget dan cucok dengan gulenya, plusssss bikin tambah nafsu makan, gawat pokoknya, Maniak Makan!
Enak paraah.

Dan untuk minumannya kalian bisa pesen minum2an cepat saji yang ada didekat situ.
Saya sering kesini dan makan biasanya sebelum atau setelah nonton bioskop di Blok M Plaza, maklum saya dan suami paling seneng nongkrong dan nonton disini karena cuma disini yang ramenya hampir 24 jam. Jadi kelar nonton malem banget pun masih banyak jajanan dan masih banyak orang, seru. 
I love Bulungan and its street foods.

Pokoknya, kalian cobain Gultik Pak Kumis yah, dijamin ketagihan kayak saya dan bahkan temen saya dari luar negri pun sampe nambah kalo makan disini, suka diaaaa...hahaha.
Lucu, bule suka Gultik.

Sampe ketemu lagi di review saya selanjutnya ya, Maniak Makan! Semoga info kuliner saya kali ini bermanfaat.
Thank you for reading or even for sharing this article.
Jangan lupa follow IG Maniak Makan di @maniakmakan yah! Dan like FB pagenya juga laaa...search aja Maniak Makan! Atau klik tulisan Maniak Makan-nya yah, udah ada linknya kok.

Maturnuwun dan hidup Gultik Pak Kumis!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments