Wiskul di Boper, Bogor

By Austin Utammy - 03:56:00

Maniak Makaaaaannn...

Masih dalam rangka #maniakmakanpiknikkebogor sama sahabat2, saya akan kasih tau (atau mungkin kalian pasti sudah tau) tempat makan yang hits, yang banyak pilihan makanannya, yang one stop street food banget deh tempatnya, semua makanan dan jajanannya ENAK, murah meriah mengenyangkan, dan pastinya Maniak Makan bisa nyicipin semua kuliner khas kota Bogor yang unik dan lezat. Memang tujuan saya selain piknik adalah WISKUL alias Wisata Kuliner di Bogor. 

Nah.
Saya dan sahabat2, yang kebetulan guidenya aseli mojang Bogor, si teteh Irene, sebelumnya waktu duluuu banget pernah ajak kami ke tempat ini. Waktu kami masih muda belia dan lebih banyak makannya.
Juara sih tempatnya. Namanya BOPER, atau singkatan dari Bogor Permai, letaknya di kawasan kota Bogor.
Tempatnya kalo di Jakarta semacam Blok S kali ya, yang paling mirip. Penuh dengan berbagai pilihan makanan dan jajanan yang bikin saya laper mata. Pengen pesen semuanya rasanya, hahahhaa.

Dan memang hampir semuanya kita pesan, Maniak Makan.
Dan saya dengan senang hati akan menceritakan makanan2 yang kami semua coba hari itu, siang itu, saat semua orang lagi kelaparan, sebelum kami menuju tempat piknik di Kebun Raya Bogor.
Semoga reviewnya bikin kalian happy dan tertarik untuk ke kota Hujan ini ya, Maniak Makan. Let's gooooo...EAT. EAT. and EAT.

1. Taoge Goreng Boper

maniak-makan-di-bogor-kuliner-khas-boper-bogor-permai-taoge-goreng
Taoge Goreng Boper

Ini asli makanan khas Bogor. Dan memang rasanya cukup unik, lucu, dan aneh.
Isiannya sederhana saja, hanya taoge direbus sebentar, lalu mie kuning dan potongan tahu. Lalu yang bikin makanan ini unik, ada campuran oncom, tauco, cabe dan kecap manis untuk kuahnya. Jadi rasanya kaya banget, nano nano rame rasanya tapi enaaak! Manis, gurih, sedikit rasa pedas dan rasa tauco campur oncomnya bikin rasanya unik. Seporsi harganya Rp 15.000, murah dan mengenyangkan! :)
Cobain deh, juara!

2. Sotomie Boper 

maniak-makan-di-bogor-kuliner-khas-boper-bogor-permai-sotomie
Sotomie Boper

Gak lengkap lah kalo ke Bogor ga icip Sotomie Boper. Sotomienya nomer 1 di Bogor!
Menurut saya, walaupun Sotomie mewah ala Sotomie Sarodja Benhil itu enak, tapi yang ini...lebih mantep! 
Pastinya kita menilai sebuah makanan pertama dari rasa dong ya...kalo Sotomie Boper, rasanya pas! Rasa kuahnya gurih dan keasaman, keasinan, dan kaldunya enak, PAS! Dan isiannya sederhana juga, ada potongan risol, potongan daging, kentang, tomat, mie kuning, dan sambaaalnyaaa Maniak Makan, sambal ijo yang enak banget! Pedas, gurih, dan cocok banget dimakan dengan kuah Sotomienya, bikin kesegaran dari keasaman kuahnya keluar, enaaak banget! Seporsinya harganya oke banget, Rp 14.000 saja! Murah, meriah dan enaknya nomer 1 se-kota Bogor. Seriously delicious!
Cobaiiiinnn... Nyaaam!

3. Laksa Boper 

maniak-makan-di-bogor-kuliner-khas-boper-bogor-permai-laksa
Laksa Boper

Iniiii...laksa ala Bogor, Maniak Makan! 
Kami pun penasaran dari Dci, cobain Laksa Boper ini.
Penampilannya, aduhaaaiii...indahnya...Mari kita cicip yuk!
Jadi, laksa ini isiannya ada ketan, telur rebus, suwiran ayam rebus, tahu kuning dan yang paling khas adalah kuahnya, kuah kuning dengan serutan kelapa asli. Jadi rasanya coconut banget, lucu!Dan pakai sambal seperti sambal Sotomie Boper, sambal ijo juga, saya rasa sambalnya sama deh, hehehe. Wong sebelah2an tempatnya! Hahahaa.

Walaupun rasanya unik, tapi lidah saya kurang cocok nih, Maniak Makan. Maafkan yah, menurut saya komposisi kuah dan isiannya kurang menggiurkan, walaupun tampilannya aduhai lezatnya.
Tapi worth to try, karena harganya hanya Rp 15.000 saja, daripada penasaran, cussss cobain dulu ya.

4. Bakso Boper (Bakso Adi)

maniak-makan-di-bogor-kuliner-khas-boper-bogor-permai-bakso-boper-bakso-adi
Bakso Adi, Boper

Saya dan sahabat2 semua udah dibilangin Irene, bahwa lo harus cicipin baksonya, enak banget tauk!
Nah, akhirnya setelah cicipin makanan2 diatas itu tadi (tenaaang...perut masih singset langsing membahana), saya cicipin baksonya juga. Kosongan, baksonya campur gede dan kecil.
Dan bener lho, Maniak Makan. 
Gilaaa enaknya, padahal, baksonya bukan urat menggiurkan seperti Bakso Urat Bang Slamet Pejompongan atau seperti Bakso2 di Warung Bakso Terenak se-Solo yang kuahnya medhok dan tasty, ini bakso polos kuah jernih yang baksonya mengandalkan adonan dan rasanya yang gurih, tapi bener2 haluuusss banget teksturnya. Dan kuahnya jernih seperti kuah kaldu yang dagingnya disaring setelah direbus, bener2 ga ada secuil pun daging yang ikut masuk ke kuah kaldu bakso ini.
Wuuuih, recommend banget, Maniak Makan! Nikmati bakso enak ini dengan harga Rp 15.000.
Dijamin puas!

5. Es Teler Boper

maniak-makan-di-bogor-kuliner-khas-boper-bogor-permai-es-teler
Es Teler Boper

Dessert pun ada Maniak Makan di Boper ini. Pokoknya bener2 street food yang lengkap deh, seperti halnya Surya Kencana yang udah sebelumnya Maniak Makan cobain, makan Soto Kuning Pa Bongkok yang enak juga.
Es Telernya dibandrol dengan harga Rp 15.000, yang isinya seperti layaknya es teler di tempat lain, ada avocado, kelapa muda, cenil2 merah yang kalo ga salah namanya sagu mutiara...dan...udah, kayaknya itu aja deh, tanpa nangka dan tanpa kolang kaling. Dan kuah santan, es serut, susu dan sirup sudah pasti...
Ini salah satu es teler enak, Maniak Makan. Cocok banget untuk dimakan setelah kita kalap makan berbagai jajanan atau makan besar di street food Boper ini.
Sweet endings for your lunch!

maniak-makan-di-bogor-kuliner-khas-boper-bogor-permai-BFF
Me & BFF

Senyum bahagia terpancar dari kami yang perutnya kenyang dan hatinya senang. Ahhhh...pokoknya Boper is one of the best foodie destinantion in Bogor city! Must visit place in Bogor, Maniak Makan!
Tapi sebetulnya kami juga makan 2 menu lain dari Boper ini, Maniak Makan, yaitu Siomay & Sate Ayam yang rasanya juga juara. Sayangnya, saya telat foto udah langsung diserbu sama krucils2 kita, yang kelaparan. Lain kali saya akan susulkan ya, Maniak Makan, insya Allah...

Semoga info kuliner Bogor dari saya bermanfaat ya, Maniak Makan! 
Dan jangan lupa, #maniakmakanpiknikdibogor masih ada sesi selanjutnya, pokoknya tunggu aja, yah!

Hidup Boper!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments