Soto Kuning Pak Bongkok, Bogor

By Austin Utammy - 00:59:00

Halo Maniak Makan,

Selamat siang! 
Hari ini akhirnya saya nulis blog lagi, setelah Sabtu kemarin ada pengalaman kuliner baru lagi di kota Bogor. 
Jadi ceritanya...Kebetulan saya dan sahabat2 merencanakan pergi piknik ke Bogor, sekalian mengunjungi dan silaturahmi ke rumah salah satu sahabat saya yang tinggal di Bogor.

Saya dan temen2 dari Jakarta berangkat jam 7 pagi, lalu lintas lancar, dan kami sudah tiba di kota Bogor jam 9 pagi. Langsung menuju rumah sahabat kita untuk jemput, dan sama2 pergi konvoi 2 mobil ke destinasi pertama, yaitu ke daerah Surya Kencana, yang dikenal juga sebagai China Townnya kota ini, Maniak Makan! Kita cari sarapan enak khas kota Bogor, yuuuk! Disini nih tempatnyaaa...Tepatnya di Jl. Surya Kencana, Bogor.

Kita parkir mobil di pinggir jalan, lalu berjalan menyusuri trotoar yang penuh dengan aneka jajanan khas Bogor, seperti Taoge Goreng, Sotomie Bogor, Kue Ape, Cakwe, dan banyak lagi...tetapi kita akhirnya memilih makan di Soto Kuning Pa Bongkok yang merupakan street food di kawasan Surya Kencana sebagai menu sarapan kali ini. Mulai buka jam 07.30 pagi, Soto ini sudah ramai pelanggan, untung saja kita datang disaat yang tepat, sepi!

maniak-makan-kawasan-surya-kencana-bogor-chinatown-kuliner-khas-soto-kuning-pa-bongkok
Soto Kuning Pa Bongkok, Surya Kencana, Bogor
Di Soto Kuning Pa Bongkok ini, customer dipersilakan untuk mengambil sendiri daging sapi bagian mana yang mau disantap. Apakah bagian daging, limpa, paru, babat atau lainnya? Silakan ambil sesuka hati bagian dan banyaknya, per potong harganya Rp 11.000, Maniak Makan. Kalo lebih dari 1, tinggal dikalikan saja :)
Dan nasi putih per porsi Rp 4000.
Mariii....
maniak-makan-kawasan-surya-kencana-bogor-chinatown-kuliner-khas-soto-kuning-pa-bongkok-ambil-daging-sendiri
Ambil daging sapi sendiri sebelum dipotong2
Setelah ambil daging selera masing2, lalu aa'nya akan potong2 dan diracik dengan bumbu dan disiram dengan kuah kuningnya dan bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk... Nyuuummmy!

maniak-makan-kawasan-surya-kencana-bogor-chinatown-kuliner-khas-soto-kuning-pa-bongkok-ambil-daging-sendiri
Self service di Soto Kuning Pa Bongkok, Bogor
Tapi karena Soto Kuning Pa Bongkok ini hanya street food yang pake gerobak dengan kursi2 plastik untuk Maniak Makan duduk dan makan, jadi tempatnya terbatas banget, gantian! Mungkin kalo ada tempat lesehannya, akan lebih seru ya, tapi kenyataannya ga bakal bisa...karena sebelah kanan dan kiri sudah ada jajanan lainnya, hehehe. Surganya makanan, Maniak Makan! Mantaaapppp....Hihihi.

maniak-makan-kawasan-surya-kencana-bogor-chinatown-kuliner-khas-soto-kuning-pa-bongkok-proses-peracikan
Proses peracikan Soto Kuning Pa Bongkok
Yuk, sotonya udah jadi nih, Maniak Makan. Mari kita sikaaat!

maniak-makan-kawasan-surya-kencana-bogor-chinatown-kuliner-khas-soto-kuning-pa-bongkok
Semangkuk Soto Kuning Pa Bongkok, daging campur
Maniak Makaaan...ini rasa soto yang unik, slightly different from Soto Kuning ala Jawa Tengah.
Soto Kuning Bogor ini kuahnya bersantan, tapi rasanya tetap light, ga berat. Lalu gurihnya pas, walaupun kalo saya berasa kurang asin sedikit, tapi ga masalah, kan bisa tambah garam. Walaupun kata sahabat saya yang asli Bogor, waktu Bapaknya yang jualan, semua racikannya lebih enak (sekarang anak2nya kayaknya yang jualan).
Dagingnya empuk dan enak, lalu potongannya kecil jadi mudah dimakan. Tapi ada 2 hal yang kurang, Maniak Makan. Pertama menurut saya adalah sambalnya. Duh, kenapa sambelnya agak bikin saya turn off gini yah? :(
Saya kecewa sama sambalnya, karena encer, ga pedes sama sekali dan tanpa karakter. Jadi walaupun saya nafsu makannya, tapi ga seperti biasanya, karena sambalnya udah saya coba 6 sendok makan, hanya berasa air sambal saja, bukan sambal sebenarnya, hikkksss, sedih.
Lalu yang kedua, kuahnya kurang panas! Duh, kalo kita telat makan sebentar ajaaa...itu dinginnya cepet dan ga bakal nafsu makan lagi deh, saya. Dan lagi2 kata sahabat saya, dulu saat sama bapaknya juga selalu panas mendidih kuahnya.

Tapi yasudah lah ya, bagaimanapun ini rekomendasi sahabat saya yang memang rasanya enak, hanya perlu sedikit quality control sepertinya. Buat kalian yang mau coba kesini, mangga...
Btw, Maniak Makan yang mau cobain resep soto kuah kuning ala Uti saya yang tanpa santan, bisa klik disini.

Semoga info dari saya tentang kuliner di Bogor ini bisa bermanfaat ya. Dan jangan lupa stay update ya, Maniak Makan. Karena akan ada beberapa review lagi tentang kuliner di Bogor yang pastinya enak dan hitsss!
Cek IG Maniak Makan @maniakmakan untuk review dan resep terbaru yah. Jangan lupa follow dan share ke temen2 kalian, okaaay?
Thank you for reading, love you Maniak Makan!

Stay healthy and happy yaaa!
Hidup kulineran enak!


  • Share:

You Might Also Like

0 comments