Rawon Nguling - Kuliner khas kota Malang

Selamat pagi, Rawon lovers!!
Kyaaaa, pagi ini Maniak Makan akan saya suguhkan review tentang masakan rawon yang endeeus banget di kota Malang, yang kebetulan salah satu kota di Jawa Timur yang kuliner khasnya adalah Rawon, Maniak Makan!
Yummy bangeettts.

Jadi ceritanya, beberapa hari yang lalu, tepatnya weekend kemarin, saya dan momi (Ibu) saya beserta temen2 segank-nya dia dikampus, pergi ke kota Malang sekaligus Bromo Trip!
Hari pertama datang, kami pergi ke alun2 kota Malang, foto2 dong, lalu mencicipi rawon enak ini, Maniak Makan, namanya Rawon Nguling!

Rawon Nguling terletak di pusat kota Malang, tepatnya di Jl. KH. Zainul Arifin 62, Malang. Nomer telvonnya ada nih, Maniak Makan, biar kamu kalo di Malang bisa delivery juga, nomernya (0341) 324684 atau 368472.

Saat masuk ke dalam restoran Rawon Nguling ini, sudah ramai orang2 yang jajan dan makan. Untung langsung dapet meja, karena lumayan penuh tempatnya saat siang itu.
Rata2 memang pesennya Rawon, bisa Rawon campur seperti pesanan saya, atau yang suka nasinya dipisah juga bisa, harga hanya beda sedikit :)

Dan setelah kami memesan makanan dan minuman masing2 di meja, saya menyempatkan menengok ke dapurnya. Rawon Nguling punya konsep semi open kitchen, jadi saya bisa minta izin untuk masuk dan melihat betapa rawon yang berwarna hitam ini mendidih di panci! Uuuuwww...ngeliatnya aja udah mupeng. Mendidih dan siap dimasukkan daging yang sudah matang, lalu disajikan!

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-dapur
Rawon Nguling - Dapur

Saya pesan Rawon Campur, seperti ini nih tampilannya, Maniak Makan...

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-rawon-campur
Rawon Campur
Rawonnya porsinya buaaanyak, Maniak Makan! Saya cicip yaaah...
Yummmy...enak banget! Kuah rawonnya gurih dan kluaknya memberikan warna hitam pekat yang cantik dan ga mengerikan hehehe. Lalu dagingnya besar2 potongannya dan cukup banyak jumlahnya, pas dengan porsi nasi yang disajikan. Dagingnya empuuuk dan bumbunya meresap kedalamnya, juicy banget! Dan setiap seporsi rawon seperti biasa disajikan dengan toge pendek dan sambal disajikan terpisah. Sambalnya juga mantap, cocok dengan rawonnya dan cukup pedas :) yeaaay!
Kalian bakal puas makan Rawon Nguling campurnya, Maniak Makan. Juoooosss, seporsinya harganya Rp 27.000, sedangkan kalo Rawonnya saja harganya Rp 35.000, dan bila pesen rawon+nasi (pisah), harganya Rp 40.000, Maniak Makan. 
Worth it banget kok harga dan rasanya, kenyang pulak, hehehehe.

Lalu, temennya momi saya ada yang pesen Nasi Pecel juga, lho. Dan Pecel di Malang juga katanya sih enak, Maniak Makan! Yuk, kita intip dan icip pecel di Rawon Nguling, Malang. Ini diaaaa, pesenannya sudah tibaaa. Hore!

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-nasi-pecel
Nasi Pecel
Pecelnya seger, Maniak Makan, walaupun saya hanya cicip sedikit saja. Sayurannya disajikan dengan bumbu pecel yang agak manis, kalo dibanding dengan pecel yang biasanya saya makan di Jakarta atau Solo, pecel ini cenderung jauh lebih manis dan tidak terlalu pedas. Tapi tetap enak, Maniak Makan. Buat kalian yang ingin mencoba makan Nasi Pecelnya, seporsi harganya Rp 16.000, gratis peyek kacang tanah di pecelnya :p

Lalu, Maniak Makan yang pengen pakai lauk, disajikan per meja sepiring penuh lauk, ada tempe, perkedel, paru, babat, mendol, otak, limpa dll. Saya tertarik untuk ambil otak gorengnya, tapi mengurungkan niat karena makan seporsi Nasi Rawon aja udah hampir buka kancing celana saking porsinya banyak, ehehehe.
Monggo gorengannyaaa...

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-lauk-pauk
Lauk pauk
Yang suka kerupuk, ini kerupuknya endeuuus untuk dimakan sebagai pelengkap Nasi Rawonnya, harganya hanya Rp 3000 saja.

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-kerupuk-ikan
Kerupuk Ikan
Berlanjut ke minuman yuk! 
Ada 2 minuman yang saya rekomendasikan di Rawon Nguling, Malang ini Maniak Makan.
Yang pertama...Es Jeruk. Ini es jeruk terenak yang pernah saya minum, sueeeer. Dan yang kedua es Dawet, dawetnya fresh dan enak, tapi saran saya, minum es dawet ga cocok untuk kalian yang makan Nasi Rawon, terlalu mahteh alias bikin kekenyangan. Tapi selera perut masing2 siiih, hehehe. Cuma saran aja dari pengalaman saya yang kekenyangan hihihi.

Harga segelas Es Jeruk dahsyat ini adalah Rp 11.000 dan Es Dawetnya Rp 9000, dan Es Teh Manis yang ga perlu ada gambarnya dan lumayan enak ini (aromanya bunga) harganya Rp 6000 saja.

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-es-jeruk-enak
Es Jeruk
maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-es-dawet-enak
Es Dawet
Nah, sekian review dari saya di edisi #maniakmakandikotamalang kali ini, saya dalam beberapa hari berturut2 ini masih akan menyajikan kepada Maniak Makan dimanapun kalian berada masakan, makanan, jajanan khas kota Malang, semoga berkenan yah!
Sampai jumpa lagi Maniak Makan, dan buat kalian yang mau masak resep Rawon enak, bisa cobain resep Rawon Jowo Sambal Setan saya yaaaah...11-12 lah sama Rawon Nguling ini...gak kalah enak, tergantung tangan dan doa masing2, hohohoho.

Sampai jumpa di review dan resep saya selanjutnya ya, Maniak Makan!
Daaaaggghhh...

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-me-mom-friends
Me, Mom & Friends at Rawon Nguling Malang
BYEEE, see you soon! Please share this article if you are Rawon Fans! Thank you for reading, Maniak Makan. Love youuuuu deh!
HIDUP RAWON ENAAAAK!

maniak-makan-rawon-nguling-kuliner-khas-kota-malang-me-mom-friends
Maniak Makan di Kota Malang