Bakso Afi di Desa Wisata Gubug Klakah, Malang

By Unknown - 03:02:00

Dingin-dingin paling enak makan! Apalagi makan yang anget2, ya gak, Maniak Makan?
Hmmm....enaaakkkk!
Gini nih kalo piknik di gunung atau tempat yang dingin, seperti di Desa Wisata Gubug Klakah, di Tengger, kota Malang Jawa Timur ini - bawaannya mau ngunyaaah melulu. Rasanya baru beberapa jam udah laper lagi, padahal sih gak laper perutnya, cuma laper mata, hahaha!

Maniak Makan!
Duh, masih terbayang dan masih berasa di mulut saya rasanya Bakso Afi yang merupakan salah satu pengusaha bakso di Desa Gubug Klakah ini. Kata guide saya yang baik, namanya mas Rahmat, di desa ini ada 4 orang pengusaha bakso (semoga saya ga salah denger ya), nah Bakso Afi ini kebetulan masih buka saat kita habis panen apel sore2 menjelang Maghrib.
Uuuhh...saat sampe di warungnya, aroma seger dari kuah baksonya harum semerbak, bikin kita tambah nafsu makan.

Saat itu ada beberapa pelanggan, jadi kita antri dooong...dan kebetulan saya ngantri di depan panci baksonya. Pas nengok isi pancinya...waw...ada bakso telor super gede, bakso urat, bakso kecil2, cilok, tahu & pangsit basah. Dan ada juga pangsit goreng yang isinya ada 2 macam, Maniak Makan. Yang satu isinya mie (karena pangsit digoreng, mie jadi garing dan kriuk2) dan satu lagi isinya aci.

Langsung aja...Ibuuu...saya peseeen...bakso kompliiittt satu gak pake bawang goreng dan kuahnya banjir yaaaa! 
Let's eat, Maniak Makan!

maniak-makan-bakso-afi-desa-gubug-klakah-tengger-jawa-timur-bromo-malang-bakso-komplit
Bakso Afi Komplit
Dan satu hal yang saya komentari pertama saat benda berwarna biru itu masuk kedalam mangkok saya, adalah....Bu, kok bihunnya warna biru?
Hahahaa, ibunya ketawa dan bilang bahwa setiap ada orang Jakarta yang datang kesana, selalu menanyakan hal yang sama. Saya gak kreatif ya, Maniak Makan? Abis, lucu bgt bihun kok warnanya biru.

Ternyataaa Maniak Makan...itu soun, bukan bihun, dan warna dari pabriknya memang sudah biru. Kalo bihun baru deh warnanya putih seperti yang biasanya kita lihat di toko/warung2. 
Dan sesi jawaban aaaa...oooo...hmmm...dan angguk2 tanda mengerti saya berlanjut, sampe saya akhirnya menyantap semangkuk panas Bakso Afi.

Baksoooonyaaa...endeuuus, pemirsah! Dan penampilannya pun menggugah selera.
Menurut saya, untuk seporsi Bakso Komplit yang terdiri dari semua yang saya sebutkan diatas kecuali cilok yaaa...itu hanya dibandrol Rp 11.000 saja! Dahsyaaaat...kenyaaang banget pula porsinya, hahaha.
Jadi, Bakso Afi ini menurut saya paling jagoan adalah kuahnya, gurih banget & kental rasa kaldu sapinya dan disajikan panas mendidih, saya suka.
Lalu, baksonya pun tidak banyak menggunakan campuran tepung, jadi berasa dagingnya. Soun birunya bikin baksonya fotogenik dan sambelnya rasanya juara! Pedeees dan cocok banget sama kuah baksonya.
Saya pake 3 sendok sambal dan masih gak puas, tapi takut besoknya ke Bromo sakit perut kalo kebanyakan, jadi 3 sendok sepertinya cukup :p

Ini isi panci baksonya, Maniak Makan!

maniak-makan-bakso-afi-desa-gubug-klakah-tengger-jawa-timur-bromo-malang
Bakso Afi, Desa Gubug Klakah
Dan ini etalasenya...sederhana tapi menggiurkan!

maniak-makan-bakso-afi-desa-gubug-klakah-tengger-jawa-timur-bromo-malang-etalase
Etalase Bakso Afi
Walaupun saya ga tau apa maksudnya, kenapa Bakso dan rental PS dijadikan satu usaha, tapi kata mas Rahmat supaya anak2/remaja yang main PS2 kalo laper bisa langsung makan bakso. Hm, kreatif!
maniak-makan-bakso-afi-desa-gubug-klakah-tengger-jawa-timur-bromo-malang-bakso-dan-rental-ps2
AFI: Bakso & Rental PS2
Nah, Maniak Makan.
Sekian ya review saya tentang Bakso Afi yang kami kunjungi saat #maniakmakandimalang dan ini kebetulan sehari sebelum kami pergi ke Bromo.
Desa Wisata Gubug Klakah seru banget, orangnya ramah2, walaupun terkadang mereka menggunakan bahasa Tengger yang beda banget sama bahasa Jawa/Malang dan saya roaming, tapi saya suka sekali dengan warga di desa ini, good job Desa Gubug Klakah.
Oiya, kalo kalian mau wisata ke Desa Wisata Gubug Klakah seperti saya, mami saya dan temen2...bisa langsung hubungi ke Cak Muchsin, sumpah, orangnya asyik banget, di nomer 0877-599-11-315 atau cek websitenya dulu aja deh biar ga penasaran... di www.gubugklakah.com!

Thank you for reading, Maniak Makan!
Oya, kalian kalo belom baca perjalanan kuliner saya di Malang yang lain, bisa baca sekarang ya...ada lunch destination ke Rawon Nguling atau nyantai sore di Toko Oen. Pokoknya #malangseru!

See you again ya, Maniak Makan! Masih dalam rangka #maniakmakandimalang, semoga tulisan dan review dari www.maniakmakan.com bermanfaat.
Ciaaao!

Hidup Desa Gubug Klakah!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments