Maniak Makan Piknik ke Solo Tawangmangu!

By Austin Utammy - 00:18:00

Ga terasa udah hari Minggu lagi ya, Maniak Makan!
Kayaknya baru aja deh liburan lalu saya pergi sama suami & sahabat ke Solo Tawangmangu, menghabiskan masa liburan bersenang-senang naik ke puncak gunung hehehe.

Di post ini, saya hanya mau cerita ke kalian, Maniak Makan, bagaimana rasanya dan bisa liburan kemana saja dengan 2 hari 1 malam di Solo Tawangmangu, dataran tinggi yang terkenal dengan Grojogan Sewu-nya dan menjadi destinasi di Jawa Tengah yang cukup diminati turis lokal maupun mancanegara.

Cerita awalnya sih, liburan ke Solo Tawangmangu ini sebenernya ga direncanakan, tiba2 aja sahabat kami (sepasang suami istri gila kerja yang jarang liburan) menelvon kami ngajak naik ke Tawangmangu. Saat itu kebetulan kami sedang dirumah ibu mertua saya di Solo, baru bangun tidur dan blm ada rencana apapun.
Jadilah sehabis Jumatan kami berangkat dengan menggunakan sepeda motor, mengingat liburan Lebaran tinggal beberapa hari lagi, jalur tersebut dan tempat wisata tersebut pasti diserbu oleh banyak pemudik dan turis. Berhasil menghindari macet yang ternyata cukup panjang dengan motor, jam 3an sore kami berdua sampai di hotel tujuan. Sahabat kami sudah tiba duluan disana, pesan hotel yang harganya jadi naik 100x lipat dari harga semula, yang biasanya Rp 150.000/ malam jadi Rp 300.000/malam. Hahahaha, namanya juga liburan Lebaran, apapun jadi naiiiikkk tarifnya :p

Sebelum saya dan suami ke hotel tujuan, di Pasar Tawangmangu, banyak sekali dijual mini molen dengan taburan gula halus, dan gorengan rolade daun singkong - kami mampir dulu beli itu untuk cemilan dan sekalian mengistirahatkan pantat yang capek dan mengistirahatkan motor yang capek mesinnya nanjak teruuuusss...+ minum es teh manis duluuu, slurppppp, ah! Sesampainya di hotel, aaaaammmm makan mini molen dan rolade daun singkong yang masih angeett, yeay enak!

maniak-makan-mini-molen-solo-tawangmangu
Mini Molen

DAY 1

Sore ini kita mau cari taman yang bisa main flying fox, kita coba ke Taman Balekambang Tawangmangu yang punya wahana flying fox dan lainnya, eh ternyata tamannya buka hanya sampai jam 5, ga nyandak dan ga bakal puas, karena sekarang sudah jam 16.30, jadi kita memutuskan pergi kesana besok pagi2 saja, sore ini kita ke Bukit Sekipan Tawangmangu yang buka sampai jam 9 malam.

Di Bukit Sekipan Tawangmangu, Maniak Makan bisa menikmati pemandangan bukit pinus yang wow banget, apalagi dilihat dari rooftop, bagus untuk jeprat jepret.
maniak-makan-rooftop-bukit-sekipan-tawangmangu-solo
 Rooftop View Bukit Sekipan Tawangmangu
Lalu kalian juga bisa berenang (siapa yang tahan berenaaang disiniiii...brrrr) dan foto sama hantu2 Halloween, ada rumah hantunya juga.

maniak-makan-kolam-renang-bukit-sekipan-tawangmangu-solo
Kolam Renang Bukit Sekipan Tawangmangu
maniak-makan-halloween-bukit-sekipan-tawangmangu-solo
Halloween Ghost Bukit Sekipan Tawangmangu
Overall sih buat wisata sebenernya cukup asyik tempatnya, tapi kayaknya buat anak2 lebih mengasyikkan deh daripada untuk orang dewasa -_-'
Kalo saya sih paling suka pas nongkrong dan foto2 di rooftop, karena pemandangannya amaziiing...dan saya juga menikmati pop mie panas yang anehnya kalo dimakan di Tawangmangu sambil lihat view indah jadi kerasa enaaaak bangeeet, hahahaha. Dan ssstt...ini Pop Mie tempat wisata, jangan kaget kalo mahal hahaha.
Untuk masuk ke area Bukit Sekipan Tawangmangu ini, kalian harus bayar tiket masuknya Rp 25.000, dan sepertinya free facility untuk kalian yang juga menginap di Bukit Sekipan Tawangmangu ini.

maniak-makan-makan-pop-mie-bukit-sekipan-tawangmangu-solo
Pop Mie Bukit Sekipan Tawangmangu
Nah, setelah hari sudah malam dan bosen juga disana kalo udah gelap, viewnya jadi ga kelihatan lagi kan?
Kita beranjak pulang tapi mau dinner dulu di Sop Buntut Bu Ugi Tawangmangu.
Emang deh, ke Tawangmangu belum lengkap kalo belum kesini, jangan lupa, minta kuahnya yang mendidih ya, Maniak Makan! Dan nikmati minuman khas Jawa juga, Wedang Uwuh yang arti bahasa Indonesianya yaitu minuman sampah, yang sebenarnya bukan sampah sebenernya loh Maniak Makan, tapi sampah yang sebenernya daun dan batang macam2 jenis rempah Indonesia, ada rosella, dan lainnya.
Oya, Bu Ugi cabang Solo juga ada, review kelezatannya silakan lihat link ini ya > Sop Buntut Bu Ugi cab. Tawangmangu

maniak-makan-sop-buntut-bu-ugi-tawangmangu-solo
Sop Buntut Bu Ugi Tawangmangu, Solo
maniak-makan-wedang-uwuh-bu-ugi-tawangmangu-solo
Wedang Uwuh

Setelah kami kenyang, kembali ke hotel, dan lanjut besok ya, Maniak Makan!

DAY 2

Hello again, Maniak Makan!
Pagi hari di Solo Tawangmangu luar biasa, dinginnya dan pemandangannya....amazing!
Kami mandi super cepat, karena airnya dingin dan malas antri air panas, jadilah setelah mandi badan tak berasa dingin lagi, karena tadi mandi udah kayak pake air es.
Free breakfast dari hotel, makan pagi nasi goreng dengan telur mata sapi dan teh panas, lalu kami berangkat. Sebelum berangkat, kami check out hotel dulu, takut kelamaan jalan2nya nanti. Titip barang2 di concierge hotel (alias titip sama ownernya, wong hotelnya cilik, og), dan kami berangkat ke Taman Wisata Balekambang demi mba Memey yang ngidam pengen main Flying Fox, walaupun akhirnya kami ga bisa ke Grojogan Sewu karena pilih kesini (gapapa lah, Grojogan Sewu pasti rame kayak pasar).

Di Taman Balekambang, tiket masuknya murah hanya Rp 12.000, saat di pintu masuk, saya tergoda mau naik kuda, tapi Rp 50.000 naik satu puteran, bah, mahalnyaaaa...kapan2 aja kali ya pas lagi ga peak season ahahaha.

Disini, Maniak Makan bisa ajak anak2 kalian mainan ayunan, main puter2an (saya ga tau namanya apa), flying fox, atv (mobil2an gitu), dan bisa juga outbond, tapi tiap mau flying fox dan atv atau outbond dikenakan biaya lagi ya.
maniak-makan-taman-wisata-balekambang-solo-tawangmangu-main-ayunan
Main Ayunan
maniak-makan-taman-wisata-balekambang-solo-tawangmangu-main-putar-putar-heboh
Main Putar-Putar Heboh
Lalu kalian juga bisa selfie di area Taman Miniatur Dunia, ada Menara Eiffel, Hollywood Hill, Tembok China, Candi Borobudur, dan nih, saya foto di area Mesir sama mummy...kece kan?
Wardrobe saya semuanya menggunakan Destammy lho, cloting line saya. Bisa cek IG www.instagram.com/destammy ya. Jen Outer & Lex Dress bikin liburan tetap nyaman, keren, dan hangaaattt...
maniak-makan-taman-wisata-balekambang-solo-tawangmangu-taman-miniatur
Taman Miniatur, Taman Balekambang Solo
Dan yang serunya, disini memang tempatnya Taman untuk piknik, jadi kami pesan Sate Kelinci yang merupakan makanan khas di Solo Tawangmangu, lalu duduk lesehan di tikar yang disediakan.

Sate kelincinya enak, gurih dan kayaknya bener deh, cuaca dingin, makanan apapun kayaknya enak2 aja jahahaha. Seporsi sepertinya harganya Rp15.000 atau Rp 20.000 deh, masalahnya saya tinggal makan sih, ga perlu bayar ;D

maniak-makan-taman-wisata-balekambang-solo-tawangmangu-makan-sate-kelinci
Sate Kelinci Taman Balekambang Tawangmangu
Makan Sate Kelinci
Seumur2, baru ini saya piknik ke Solo Tawangmangu tanpa ke Grojogan Sewu, atau ke Candi Sukuh dan Candi Cetho.
Tapi not bad, pengalaman yang cukup seru dan pastinya refreshing banget bisa menghirup udara pegunungan yang asri dan bersih.

Semoga Maniak Makan bisa kesini juga kapan2, nyobain kulinernya yang khas yaitu Mini Molen, sop buntut & pecel Bu Ugi dan Sate Kelinci.
Yup, sekian cerita liburan saya kali ini Maniak Makan....
Next doain saya laaa, bisa kasih kalian cerita dari Yunani, Jepang atau Thailand, amiiin.

Okay, sampai ketemu ya di review dan resep dari Maniak Makan selanjutnya, semoga bermanfaat.