Kering Teri Gembira ala mba Uli

Hello, Maniak Makan!

Pertama-tama saya mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Semoga di bulan penuh berkah ini, kita diberikan rahmat dan rezekiNya. Amin ya rabbal alamin...

Sore hari ini, menjelang berbuka, saya mau share sebuah resep yang praktis, mudah dibuat, tahan lama dan murah! Jadi ini berawal dari perbincangan saya dengan seorang temen saya, mba Uli. Dia kan suka banget masak, jadi saya sering nanya resep2 enak dan unik ala dia.
Kemarin, saya mampir silaturahmi ke rumahnya, tapi saya bawa makanan karena belum sempat makan malam, maklum terawih pertama, terawih dulu dong. Dan bilang, mba, aku makan ya, aku bawa bebek madura nih. Buat kamu juga ada.
Tapi, dia bilang, aku juga ada kering teri nih, My.

Wah, saya langsung bilang, siaaap, nanti kucobain mba! (Dalam hati...alhamdulillaaah rejeki anak soleh).
Dan ternyataaaa... aaaaak, kering teri resep mba Uli ini enak bangeeet tiada duanya!!

Jadi, saya mau share resep ini ke kalian semua, Maniak Makan!
Masakan ini praktis banget buat yang telat sahur ga sempet masak, yang mau keluar negeri tapi takut kangen masakan Indonesia, buat anak kost, dan buat siapa aja yang lidahnya kampung, kayak saya, hehehe. Nasi panas pake kering teri aja rasanya mewah banget! :)

Okaaaay....
Kita mulai aja resep kali ini ya, saya dan mba Uli setuju namanya Kering Teri Gembira, karena warna warni dan campur-campur....

BAHAN :
1. Teri Medan Padi 100 gr
2. Tempe 100 gr (rajang tipis)
3. Kacang Tanah 100 gr
4. Minyak Goreng secukupnya

BUMBU yang disiapkan :
1. Bawang Merah 10 siung (rajang halus)
2. Bawang Putih 3 siung (rajang halus)
3. Cabe Rawit (sesuai selera) iris tipis
4. Gula Pasir 1 sdm
5. Mecin 1,5 sdt (sesuai selera)

CARA MEMBUAT :

Persiapan 1 :
1. Siapkan wok & panaskan minyak goreng
2. Goreng kacang tanah sampai berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan
3. Goreng tempe hingga kering, angkat, tiriskan
4. Goreng ikan teri hingga kering, angkat, tiriskan

Persiapan 2 :
1. Siapkan wajan, minyak 1 sdt (API SEDANG)
2. Masukkan bawang putih, bawang merah, goreng hingga harum
3. Masukkan irisan cabe rawit, goreng hingga cabe layu
4. Buang minyaknya, kecilkan api (API KECIL)
5. Masukkan semua BAHAN, dan aduk hingga merata
6. Masukkan gula & mecin (bila suka)
7. Aduk merata sekitar 5 menit, sampai gula larut dan tercampur dengan semuanya
8. Masukkan toples dan biarkan mendingin dulu, baru tutup rapat.

Resep ini tahan 3 bulan, Maniak Makaaan!

Silakaaan! Sikaaat!

maniak-makan-resep-kering-teri-gembira-ala-mba-uli
Kering Teri Gembira
Berani dong coba resepnya di dapur masing2?
Ahahhaa, dijamin, nagih!
Kemaren dibawain nih kering terinya sama mba Uli, aaaah, hatiku gembira! Buat makan sahur nanti deeeh.
Tunggu review & resep dari Maniak Makan berikutnya yaaa...
Selamat berbuka puasaaaa...

Hidup Kering Teri Gembira!