Xocolatl - Solo Best Desserts House!

Selamat berhari Minggu, Maniak Makan!

Weekend kali ini saya habiskan dengan nonton bioskop dan ke launching band temen. Lalu hari ini pun ada kondangan dan jalan2 ke mall cari sepatu olahraga. Berat badan yang mulai naik (gawat!) dan saya memang akhir2 ini kurang olahraga sih, padahal doyannya makan dan masak :p
Supaya tetep fit dan tetep bisa nulis blog alias icip sana icip sini, solusinya cuma start olahraga lagi. Semangaaat ah, semangaaat!

OK.
Kali ini saya mau ceritain pengalaman kuliner saya, masih di kota Solo, kota kesayangan dan surganya makanan enak. Maklum liburan ke Solo kemarin saya jalan icip-icip ke banyak tempat makan yang enak dan unik, Maniak Makan :)

Nah, cafe yang satu ini hip banget di Solo. Chefnya bikin menu yang seru2 dan kekinian banget. Dan it's all about desserts!
Introducing to all Maniak Makan - Xocolatl, the best desserts house in town!
Letaknya di kawasan Baron, Jl. Dr. Radjiman 374, Solo. Open 10 am - 12 am.

Ga berlebihan lah saya bilang ini desserts house terenak dan kekinian di Solo, karena memang menu2 yang ditawarkan sangat young and stylish. Buktinya saya dan temen saya, Fadhil, mencoba menu dessert biasa yang dikreasikan menjadi bentuk yang tidak umum, seperti menu Apple Pie yang dikreasikan menjadi Deconstructed Apple Pie oleh sang chef. 
Bagi saya, unik banget menyantap apple pie dalam bentuk seperti ini. Elemen Apple Pie yaitu almond short bread, cinnamon crumble, dan cooked apple dibuat jauuuh dari bentuk asli apple pie. Dan disini, ada tambahan home made vanilla ice cream sebagai pelengkap. Enak & kawaiii....
Harganya Rp 28.000 :)

maniak-makan-deconstructed-apple-pie-xocolatl-desserts-house-solo
Deconstructed Apple Pie
maniak-makan-deconstructed-apple-pie-xocolatl-desserts-house-solo-front-look
Deconstructed Apple Pie (front look)
Lalu, Fadhil coba pesan dessert dengan bahan dasar cokelat, dan kita tetep pesen yang plated dessert, dia pesen Chocolate Dirt. Di menu, tertulis : Milk, white & dark chocolate cremeaux with crumb of chocolate cookies, popping candy, chocolate. Dan pesanan yang datang ternyata penampilannya bener2 seru; piringnya dari lempengan keramik, dan bentuknya seperti gundukan tanah. Dan rasanya, crunchy, full of chocolate, ada sensasi di lidah berkat popping candy-nya, dan cremeaux-nya meleleh di mulut, yummy!
Harganya Rp 28.000 :)
Ini dia niiii, Chocolate Dirt!

maniak-makan-chocolate-dirt-xocolatl-desserts-house-solo
Chocolate Dirt
Untuk minumannya, Fadhil pilih detox drink, yang ternyata campuran dari buah bit, dan saya pilih black tea-nya aja untuk penetral rasa manis. Sip laaah!

maniak-makan-detox-drink-xocolatl-desserts-house-solo
Detox Drink - Bit
maniak-makan-black-tea-xocolatl-desserts-house-solo
Black Tea

Lalu, setelah kunjungan saya yang pertama ke Xocolatl, sang chef meminta saya dan Fadhil untuk datang lagi di minggu depannya, untuk mencoba savory dishes Xocolatl (yang mungkin sekarang sudah launching).
Horaaay! Kami datang lagi, dan menikmati promo cappucino hanya Rp 7000 saja setiap hari di jam 10 pagi-2 siang. Yeay...ngopi enak dan murah nih kita, Maniak Makan!

maniak-makan-hot-cappucino-xocolatl-desserts-house-solo
Hot Cappucino
maniak-makan-hot-cappucino-xocolatl-desserts-house-solo
Muka girang minum kopi enak dan murah di Xocolatl, Solo
Dan...setelah menunggu beberapa menit sambil ngobrol dan minum cappucino, akhirnya datanglah menu dari dapur :)
Kita lunch testing dengan 2 menu, dua2nya memang belum ada namanya sih, cuma yang pertama dihidangkan semacam onion soup. Dilengkapi dengan potongan roti yang dilapisi lelehan keju. Hidangan ini light banget, sehingga cocok sebagai pembuka untuk main menu berikutnya. Approved by Maniak Makan!

maniak-makan-new-menu-savory-dish-xocolatl-desserts-house-solo
New Menu - Xocolatl Solo
Lalu, lanjut ke hidangan berikutnya, ada menu yang foodgenic banget, pengen bikin cepet2 disantap, ayooo...makan akuuu...katanya, hahaha.
Menu ini semacam potato gratin, yang dihidangkan saus yang ternyata adalah dari daging kambing! Wuaaah, kebetulan saya doyan banget sama kambing. Dan jangan khawatir, Maniak Makan, aroma daging kambingnya tidak ada kok, masaknya jago, malah awalnya kami pikir ini daging sapi. Jadi, kambing giling ini dimasak dengan saus seperti bolognaise, gurih dan asam manis, ada sedikit pedas juga. Enaaak deh. Potato gratin-nya pun meleleh di mulut dan creamyyyy banget.
Hidangan yang pasti bikin saya bakal balik lagi kesana :) Approved by Maniak Makan, chef!

maniak-makan-new-menu-savory-dish-xocolatl-desserts-house-solo
New Menu - Xocolatl Solo
Hehehe. pokoknya...saya dan Maniak Makan doakan semoga menu2 yang enak, kekinian dan pastinya menu2 yang unik bisa selalu kita cari disini. Dan menu2nya selalu sukses dan kick ass! Upsss, hidangan kedua habis tandas sama saya! Waaaghahahaha, maklum yaaa, Maniak Makan. Saya mah gitu orangnya ;p

TANDAS! Doyan ni yeee...
Maniak Makan wanna say thank you buat Fadhil yang udah nemenin icip-icip dessert, kopi dan makanan enak di Xocolatl, buat chef Mamad makasih buat jamuannya, dan thank you buat wi-fi yang kenceng, hahhah! Bawa laptop ke Xocolatl pun enak banget, karena tempat dan kursi-mejanya nyaman untuk internetan dan kenceng banget jaringannya.

Maniak Makan, cobain kesini ya kalo kalian lagi di Solo, janji deh, Xocolatl will fullfill your sweet temptation! Kalo Maniak Makan lebih suka dengan savory dishes ala Eropa, di Xocolatl mulai ada juga loh, atau kalian bisa lihat review saya untuk savory dishes enak di Warung Orange Solo.

Terima kasih yaa...udah nyimak tulisan saya kali ini. Sampai jumpa di ulasan berikutnya, tapi masih dalam edisi #maniakmakandisolo gapapa yaaa..soalnya masih ada beberapa menu yang belum saya share ke kalian semua.

So, see you very soon Xocolatl!
See you, Maniak Makan! Loveeee...

XOXOXO

maniak-makan-xocolatl-desserts-house-solo
Xocolatl Desserts House, Solo