Gulo Jowo Solo - Nongkrong Asyik Nikmati Jajanan Pasar!

Hi again, Maniak Makan!
TGIF! Yeaaay...

Masih dalam edisi liburan Maniak Makan di kota Solo, salah satu kota kuliner favorit saya yang menyediakan beragam makanan, jajanan, dan tempat nongkrong yang asyik. Dan selalu aja...setiap saya kesana; ada yang baru, ada makanan yang belom pernah dicoba, atau ada tempat nongkrong dengan jajanan old school, tapi dikreasikan lagi sehingga menjadi unik dan menarik seperti tempat yang satu ini nih, Maniak Makan!

Ulasan saya kali ini menyajikan tempat nongkrong yang asyiiiik banget!
Namanya Gulo Jowo! Letaknya di daerah museum, dekat Jalan utama di Solo, Jalan Slamet Riyadi. Tepatnya di Pujasari C15-16, dan uniknya, kalo siang tempat ini adalah toko frame (pigura), dan malamnya start jam 7 malam sampai jam 11 malam, disulap oleh ownernya menjadi tempat nongkrong asyik & hip!

Asyik karena banyak hal sebenernya, pertama karena makanan dan minumannya itu unik2 - Gulo Jowo menyediakan menu makanan jajanan pasar, Maniak Makan! Wuiii, seru deh, mereka elevate rasanya dan tampilannya juga dibuat lebih menarik. Dan satu lagi, mereka langsung beli bahan2 makanannya dari petani lokal, sesuai dengan tagline mereka - Gulo Jowo : Mengembalikan banyak hal :) Sippp, dukung produk lokal!
Selain itu, tempatnya lucu, banyak frame2 dan mural2 untuk dekorasi dindingnya, lalu area tempat duduknya merupakan area semi indoor dan outdoor, dan all smoking area, karena memang tempatnya cenderung terbuka sih, jadi ga bakalan pengap.

Nah, Maniak Makan...are you ready?
Saya pesennya banyak banget deh, rasanya mau icip semuanya karena banyak kosakata di menu yang saya belom pernah cobain. 

Saya mulai dari yang paling umum dulu, yaitu Klepon!
Ini dia kleponnya, isinya sama seperti klepon di jajanan pasar, yaitu gula merah, yang meledak dimulut kalo digigit, dan maniiisss rasanya. Yuuummy! Warnanya lucuuu, dan cukup mengenyangkan juga ternyata. Sharing menu sama temen2 lebih enak, Maniak Makan, supaya bisa cobain menu lainnya. Harganya pun murah, kalo ga salah hanya Rp 7000 saja per porsi. Gokil!

maniak-makan-klepon-gulo-jowo-solo
Klepon
Next, saya pesen yang namanya Jenang Grendul. Ssst, saya baru pertama kali lho...cobain makanan ini, wkwkkwk. Namanya lucu ya, Grendul. Jowo tenaaan :)
Jenang itu seperti bubur manis dengan tekstur sticky, dan Grendul itu ternyata nama bola2 bulat putih seperti yang biasa ada di sekoteng, teksturnya kenyal dan rasanya cukup manis campur gurih. Wah, mereka sajikan Jenang Grendul ini dengan mutiara, potongan buah nangka, ketan, dan santan.
Ini enaaak banget! Udah gitu keren pula penyajiannya, pake piring jadul dan sendok bebek dan foodgenic deh pokoknya, ya kan, ya kaaan? Setuju kan? :D

maniak-makan-jenang-grendul-gulo-jowo-solo
Jenang Grendul
Nah, saatnya pesen yang gurih2 nih. Saya pilih Semar Mendem... Ini salah satu jajanan pasar favorit saya, Maniak Makan. Buat yang belum pernah makan yang namanya Semar Mendem, kalian harus coba deh, enak banget. Jadi, basically ini seperti lemper ayam yang dibalut dengan kulit seperti makanan sosis solo, warna kulitnya kuning cerah, dan rasanya gurih. Lalu disiram dengan saus yang ternyata namanya Areh (saya juga baru tau dari ownernya hahaha), dan garnished with potongan buah nangka. Recommended gilaaak.
Ini juga harganya sekitaran Rp 7000 kalo saya ga salah. Maafkan, bonnya ilang ahahhaa.

maniak-makan-semar-mendem-gulo-jowo-solo
Semar Mendem
Sebetulnya saya ga mau lagi pesen minuman yang manis, karena semua yang saya makan sudah manis, dan saya sendiri pun udah manisnya kebangetan (ABAIKAN) - tapi saya tetep coba pesen minuman ini, katanya enak soalnya. OK! Pesen 1 Es Kacang Ijonya, mas!
Dan ternyata...bukan es kacang ijo biasa, Maniak Makan. Lebih dahsyat! Lebih heboh!
Ini adalah Es Kacang Ijo komplit dengan ketan, potongan roti tawar, mutiara, susu kental manis cokelat, dan potongan nangka. Nah looo! Siapa suruh makan meluluuuu.... :p kenyang kaaan?
Harganya sepertinya hanya Rp 10.000 - Rp 12.000, what a drink! Nice price.

maniak-makan-es-kacang-ijo-gulo-jowo-solo
Es Kacang Ijo ala Gulo Jowo
Karena merasa kenyang dan bosen sama yang manis2, saya tuker aja sama temen saya (ku tak sanggup menghabiskan es kacang ijonya!), dan pesen minuman lagi, Es Lychee. Idiiih, segernyaaa ampun! Ini es lychee terenak yang pernah saya minum, lycheenya 3 buah, nata de coco, semacam jelly warna merah, sirup melon yang takarannya ok ga kemanisan, dan es! Enak! Harganya juga sekitar Rp 12.000 kalo ga salah.
Recommended! Juooss!

maniak-makan-es-lychee-gulo-jowo-solo
Es Lychee ala Gulo Jowo
Semua menu diatas...pokoknya total bill-nya Rp 31.000 ! Nah looo..super kenyang tapi kok tetep murah. Tanya kenapa? Pokoknya gitu. Solo surganya makanan murah nan enak.
Mantaaap, ini salah satunya juga kenapa saya bilang ini tempat yang cocok buat nongkrong asyik, karena hemat, Maniak Makan! :)

maniak-makan-interior-and-customer-crowd-gulo-jowo-solo
Salah satu sudut dan keramaian Gulo Jowo Solo
Thank you, Gulo Jowo...for making me happy with your food and drinks! See you again as soonest. Definitely!

maniak-makan-interior-gulo-jowo-solo
Gulo Jowo Interior
maniak-makan-me-and-friends-gulo-jowo-solo
Me and Friends

EAT well, feel WELL.
Stay healthy and happy, Maniak Makan. Sampai jumpa lagi di edisi #maniakmakandisolo berikutnya ya. Met hari Jumat, hari panjang dan seru buat nongkrong asyik sama temen2.

Hidup Makanan Tradisional Indonesia!
Hidup Jajanan Pasar!