Cabuk Rambak khas Solo

By Tammy Hariyadi - 01:28:00

Halo Maniak Makan!


Selamat sore!
Kemarin pagi, saya sudah tiba di kota Solo, dalam rangka liburan Lebaran, hehehe. Selama seminggu ini saya akan share kuliner enak di kota Solo, dalam edisi special Maniak Makan : Liburan Lebaran! Yeay!

Solo.
Solo selalu menjadi kota istimewa untuk saya. Selain pernah kuliah dan tinggal selama 4 tahun disini, sekaligus menjadi tempat pertemuan pertama saya dengan mantan pacar alias suami saya. Cieee....
Daaaan...kulinernya. Selalu istimewa!

Pertama-tama, kemarin malam saya mengunjungi lesehan Cabuk Rambak & Nasi Liwet di daerah Nonongan. Wah, Cabuk Rambak!
Tertarik banget saya pengen coba jajanan khas Solo ini, yang katanya rasanya unik dan bikin ketagihan.
Makanan ini sebetulnya adalah makanan cemilan (volumenya tidak seberapa besar dan satu porsi tidak membuat kenyang) yang dibuat dari ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, lalu disiram dengan saus wijen yang dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu disangrai, serta ditambah beberapa potong karak (sejenis kerupuk yang terbuat dari nasi kering dan bleng). Jajanan ini disajikan tidak dengan piring tetapi dengan wadah dari daun pisang yang dikenal dengan nama "pincuk."
Ini dia Cabuk Rambak yang rasanya fenomenal!

Maniak-Makan-Cabuk-Rambak-khas-Solo

Enak banget rasanya, Maniak Makan!
Sebetulnya yang membuat istimewa yaitu saus wijennya, rasanya beda dengan bumbu pecel yang menggunakan kacang tanah, saus wijen dari bahan dasar kacang wijen mempunyai rasa yang lebih kuat dan khas. Potongan ketupat dan karak yang sederhana pun jadi istimewa.

Cabuk Rambak Solo, recommended!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments