Cakar Dheer - Street Food Jalan Slamet Riyadi, Solo

Halo, Maniak Makan!

Siapa yang suka cakar ayam? Siapa yang suka pedes sampe keringetan se-ubun2 kepala?
Hahahaa, yang suka makan cakar ayam bakar super pedasss, kalian harus cobain street food yang baru aja dibuka 2 bulan yang lalu ini, tempatnya di jalur lambat jalan protokol di Solo, yaitu Jalan Slamet Riyadi. Tepatnya di dekat Hotel Novotel Solo, sejajar hotel itu persis, kearah timur.
Dan kerennya, mereka udah buka cabang lain selain di Solo lho, ada di Jogja (Jl. Nogorojo no. 9A, Gowok), di Bandung (Jl. Dipatiukur, depan UNPAD), dan di Sragen (Jl. Raya Sukowati).
Untuk info & detail, bisa liat IGnya @cakardheer atau hubungi 0812-2393-7501 aja ya.

Kebetulan owner tempat ini adalah adiknya teman saya. Temen saya namanya mas Dori, terkenal banget sama hasil2 fotografinya yang cool dan asyik. Ini salah satu hasil jepretannya waktu hunting foto sama saya di Pasar Gede, Solo :p (narsis banget yaaa akuuuu wahahaha)

Founder Maniak Makan-Tammy-Ngaso di Sar Gedhe, Solo - photo by Dori Lee

Nah, ceritanyaa...adiknya mas Dori nerusin resep cakar pedas ala maminya yang rasanya jos banget, baru akhirnya dibukalah tongkrongan favorit anak gaul Solo sekarang ini, CAKAR DHEER! Pedesnya bikin nagih!

Maniak Makan-Cakar Dheer, Street Food di Jalan Slamet Riyadi, Solo

Malam itu, saya dateng ke Cakar Dheer jam setengah 8 malam, mereka biasanya buka jam 7 malam. Telat setengah jam aja, itu antrian udah panjaaang banget. Okaaay, akhirnya saya coba pesan 10 pcs cakar dheer dulu deh, 10 pcs harganya 15 ribu rupiah, dan sekalian pesen minuman. Bayarnya nanti aja setelah makan, kata kasirnya, kecuali kalo mau dibawa pulang langsung bayar sehabis pesan. Sip lah, order sudah, tinggal nunggu pesanan datang.

Saya duduk di lesehan, ada juga yang duduk di bangku plastik, suka-suka aja :)
Nah, sembari nunggu saya lihat proses grill mereka. Menu yang ditawarkan disini ga cuma cakar aja kok, mereka juga menyediakan tempura, otak-otak, sosis, nugget dan jenis lainnya yang emang khas street food banget. Cakar/sate2 jenis lainnya di marinade dulu dengan bumbu pedasnya, baru dibakar supaya meresap. Nanti setelahnya dituang bumbu pedasnya lagi, baru disajikan.
Gini nih, Maniak Makan, proses grilling cakar dheer....snifff sniiiff, wangiiii, jadi makin kepengen nyoba deh saya.

Maniak Makan-Cakar Dheer Solo

Okay, sepertinya malam ini memang pas antriannya banyak banget, duh, nunggunya lumayan lama untuk mendapatkan seporsi cakar dheer yang katanya pedesnya fenomenal itu. Akhirnya, setelah menunggu kira-kira 1 jam (lama ya? Tenang Maniak Makan, saya udah komplain kok ke yang punya hehehe) akhirnya saya dapat jugaaaa!!! Ini dia Cakar Dheer-nyaaa! 

Maniak Makan-Cakar Dheer, Jalan Slamet Riyadi, Solo


Enak banget, dan PEDES POL! Sikaaat!
Ternyata Maniak Makan, yuuumzzz...cakarnya empuk, ada rasa gosong dari bakaran arang-nya, dan bumbu yang dioles sebelum dibakar itu meresap sampai dalam, dan bumbu yang dituang setelah dibakar makin seru buat cocolan. Siapkan air mineral/teh hangat, supaya kalian bisa makan banyak, karena saya aja yang gila pedes aja masih kepedesan! Meeeh... Gak sia-sia penantian panjang saya.

Siplah, cocok banget buat kalian yang suka hunting street food enak, kalo di Solo, mampir ya!
Rencana mereka juga akan buka di beberapa kota besar di Indonesia, sukses terus untuk Cakar Dheer!
Selamat mencoba, Maniak Makan dimanapun anda berada, happy eating!

Hidup Cakar Dheer!